Sabtu, 18 Mei 2024

Menpora Harus Perluas Pendidikan Informal Kepemudaan

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Imam Nahrawi Menteri Kepemudaan dan Olahraga (Menpora), harus memperluas pendidikan non formal kepemudaan guna membentuk kemampuan dan kemandirian hidup bagi pemuda, kata Robertus Robert Sosiolog dari Universitas Negeri Jakarta.

“Pemerintahan yang baru perlu memperluas pendidikan non formal karena kemampuan dan potensi anak muda dapat diasah sehingga dapat membangun kemandirian mereka,” kata Robert pada diskusi Ngobrol Pintar di Jakarta, Jumat (31/10/2014) malam.
   
Ia mengatakan pendidikan non formal dapat mengatasi pengangguran panjang bagi lulusan SMA yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau diploma.

Pendidikan non formal yang dimaksud adalah pengembangan potensi yang dimiliki pemuda untuk dapat dimaksimalisasi menjadi lahan bisnis sehingga lulusan SMA dapat mandiri.
  
“Seharusnya ada wadah bagi pemuda untuk mengasah minat dan bakat dalam bidang kesenian atau olahraga sehingga mereka mampu berdaya saing tinggi,” kata Robert seprti dilansir Antara.

Selain itu, penyediaan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan level pendidikan SMA dinilai belum mencukupi. Tanpa tersedianya lapangan pekerjaan, diperkirakan 20 juta orang dalam satu generasi mengalami frustasi pekerjaan setiap tahun.

Dampak panjang terhadap pengangguran yang tinggi, yakni bonus demografi akan berubah menjadi bencana demografi karena melimpahnya jumlah usia produktif namun tidak didukung kesediaan sarana pendidikan yang lebih tinggi, baik perguruan tinggi, diploma maupun kejuruan.

Menurut data dari Bank Dunia, tingkat pengangguran tinggi terjadi pada penduduk berusia 15-24 tahun.

Lulusan dari universitas, kejuruan dan SMP mengalami kesulitan untuk mendapatkan kursi dalam bursa tenaga kerja.
   
“Pengangguran ini bersifat permanen setiap tahun dan terus terakumulasi. Oleh karena itu, tidak cukup hanya mengandalkan pendidikan formal. Pendidikan non formal dapat membantu pemuda yang kurang beruntung mendapat pekerjaan dari pendidikan formal terakhir mereka,” kata Robert.(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs