Minggu, 5 Mei 2024

Minggu Besok, Waspadai Ada Penutupan Jalan Di Surabaya

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Parade Budaya dan Pawai Bunga yang diikuti 75 kelompok peserta dengan ribuan massa akan ramaikan Peringatan Hari jadi Kota Surabaya (HJKS) yang ke-721, pada Minggu (4/5/2014) besok.

Acara tahunan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya itu rencananya akan mengambil start dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Surya.

Yayuk Eko Agustin, Asisten 1 Pemkot Surabaya yang juga Sekretaris Panitia HJKS ke-721 pada suarasurabaya.net mengatakan bahwa rute yang akan dilewati mulai dari Tugu Pahlawan – Kramat Gantung – Gemblongan – Tunjungan – Gubernur Suryo – Yos Sudarso (Sisi barat) – belok kiri – Jl. Walikota Mustajab – Jl. Jaksa Agung Suprapto – Taman Surya (Balai Kota).

Terkait pengamanan, ia mengatakan pihaknya sudah bekerjasama dengan polrestabes untuk menutup jalan secara total di titik berlangsungnya acara.

Secara terpisah, AKP Harna, Kepala Urusan Bidang Operasi, Satlantas Polrestabes Surabaya membenarkan hal tersebut dan menghimbau warga menggunakan jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan.

“Mulai pukul 13.00 WIB jalan protokol Dari Tugu Pahlawan sampai ke Taman Surya akan ditutup total. Jadi sementara waktu akan diberlakukan pengalihan rute hingga acara selesai. Biasanya setelah maghrib atau sekitar jam 18.00 WIB,” kata dia.

Menurut Harna rute yang dialihkan antara lain, kendaraan dari arah veteran akan diarahkan ke stasiun kota – Jl. Gembong dan seterusnya. Yang dari arah Blauran dan Kranggan dialihkan ke Bubutan dan kendaraan dari basuki Rahmat dialihkan ke embong malang.

Kemudian yang dari arah Pemuda dialihkan ke Jend. Sudirman dan dari walikota mustajab akan diarahkan lewat kusuma bangsa. Sedangkan beberapa titik, seperti Gentengkali akan diberlakukan buka tutup.

“Ini nanti sesuai kondisi di lapangan, jika parade terlalu rapat maka akan benar-benar tutup total. Namun jika tidak beberapa titik seperti genteng kali akan diberlakukan buka tutup,” jelas Harna.

Selain itu, dari pemaparannya diketahui sebanyak 120 personil dari Satlantas Polrestabes Surabaya akan diturunkan mengamankan jalannya lalu lintas di sekitar acara.

Harna juga menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari titik kemacetan di jalur protokol Tugu Pahlawan hingga Taman Surya dan menggunakan jalur alternatif lainnya. (ain/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs