Kamis, 2 Mei 2024

Minggu, Umat Hindu Gelar Tawur Agung Kesanga

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Setelah menggelar persembahyangan Melasti, umat Hindu di Surabaya juga akan melanjutkan ritual Tawur Agung Kesanga, pada Minggu (30/3/2014).

Berbeda dengan tahun lalu ketika Tawur Agung Kesanga ditandai dengan hadirnya sejumlah Ogoh-ogoh serta perarakan yang dipusatkan di kompleks Tugu Pahlawan Surabaya. Tahun ini, pawai ogoh-ogoh akan ditiadakan.

“Tahun ini pawai ogoh-ogoh kami tiadakan, karena tahun ini bertepatan dengan persiapan atau masa kampanye jelang pemilihan umum legislatif 2014. Tetapi pesembahyangan Tawur Agung Kesanga tetap kami gelar,” terang Wayan Suraba, Sabtu (29/3/2014).

Wayan Suraba memastikan bahwa persembahyangan Tawur Agung Kesanga menjadi puncak persembahyangan menuju Catur Brata Penyepian, sehingga ribuan umat Hindu bakal memadati tempat-tempat persembahyangan.

“Persembahyangan Tawur Agung Kesanga berakhir ditandai dengan pengerupukan atau pembakaran Ogoh-ogoh di masing-masing pura umat Hindu di seluruh sektor kota Surabaya,” kata Wayan Suraba.

Setelah itu, lanjut Wayan, umat Hindu memasuki Catur Brata Penyepian yang menjadi puncak perayaaan Nyepi tahun 2014 ini. “Umat memasuki Nyepi dengan melaksanakan Catur Brata Penyepian,” kata Wayan Suraba.

Teks foto:
-Persembahyangan Melasti dilanjutkan Tawur Agung Kesanga.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs