Sabtu, 18 Mei 2024

Mudik Sepi di Penyeberangan Ferry Ujung-Kamal

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Penyeberangan Ujung-Kamal

Tak seperti moda angkutan lainnya, penyeberangan di Ujung Kamal hingga H-2 lebaran hari ini masih terbilang sepi pemudik. Bahkan data yang ada di PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ujung Kamal menunjukkan jika jumlah penumpang sepanjang pagi hingga siang ini belum sampai seribu penumpang.

“Prediksi kami, hari ini adalah puncak arus mudik di sini,” kata Elfy Yosa, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Surabaya ketika berbincang dengan suarasurabaya.net, Sabtu (26/7/2014).

Di puncak mudik hari ini diprediksikan sebanyak 3-4 ribu penumpang akan menyeberang menggunakan ferry dari Dermaga Ujung Surabaya ke Dermaga Kamal Madura.

Sejak pengoperasian Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu), penyeberangan Ujung-Kamal memang langsung sepi. Bahkan penurunan jumlah penyeberangan terjadi hingga 80 persen untuk roda empat, 70 persen roda dua dan 50 persen untuk penumpang orang.

Tak hanya itu, jumlah kapal yang digunakan untuk melayani penyeberangan saat ini juga berkurang. Jika dulu kapal ferry yang digunakan mencapai 18 kapal, saat ini hanya tinggal empat kapal.

Untuk angkutan lebaran kali ini, ASDP Ujung-Kamal sebenarnya mendatangkan dua kapal cadangan sehingga total ada empat kapal. Tapi hingga saat ini hanya empat kapal yang beroperasi, sedangkan dua cadangan belum dioperasikan.

Menurut Elfy, kejayaan penyeberangan Ujung-Kamal terjadi pada awal tahun 2000. Saat itu, puncak angkutan mudik lebaran mencapai 20 ribu pemudik perhari yang menyeberangan, dengan jumlah roda dua yang menyeberang mencapai 15 ribu dan roda empat mencapai 5 ribu.

Kini, ketika puncak mudik, hanya 3-4 ribu saja penumpang yang menyeberang. Jumlah roda dua-pun juga tinggal seribu dan roda empat tinggal 230 an kendaraan. “Kami harus bersaing dengan jembatan, tarif-pun kami juga lebih mahal jadi bisa dimaklumi jika pemudik memilih gunakan jembatan Suramadu,” kata dia. (fik/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs