Kamis, 29 Oktober 2020

Museum Kerajaan se-Jawa Timur akan Dibangun di Mojokerto

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Patung Budha Tidur di Maha Vihara, di Trowulan, Mojokerto. Foto: majamojokerto.com

Pada tahun 2015 mendatang, museum kerajaan se Jawa Timur akan dibangun di Mojokerto. Rencananya museum tersebut seluas 5,7 hektar, dan didirikan tepat di sebelah barat Museum Majapahit Trowulan di Desa Trowulan. Konsepnya berupa bangunan tertutup untuk memajang benda cagar budaya peninggalan kerajaan yang pernah berkuasa di Jawa Timur.

Endang Prasanti Kabid Sejarah Museum Purbakala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, seperti dilaporkan Teguh dalam Jaring Radio Suara Surabaya, mengatakan, gedung museum akan dibangun seluas 2 hektar, sedangkan sisanya untuk sarana pendukung. Seperti gedung perpustakaan dan sarana bermain anak.

Kata Endang, dalam detail engineering desaign (DED) desain museum tertutup, bangunan museum dibuat berlantai 3. “Setiap lantai terbagi dalam 4 blok, dimana setiap blok untuk memamerkan peninggalan bersejarah kerajaan yang pernah berkuasa di Jawa Timur. Seperti masa Kerajaan Kahuripan, Kediri, Singosari sentra Majapahit dan kerajaan lainnya,” kata Endang.

Pembangunan museum tertutup ini melibatkan Pemerintah Pusat, Pemprov Jatim, Pemkab Mojokerto dan Pemkab Jombang. “Nantinya akan dikelola badan independen yang dibentuk dan bertanggungjawab langsung kepada presiden. Perkiraan anggaran yang dipakai sekitar Rp 7 miliar,” ungkapnya.(ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pengunjukrasa Melintas di Diponegoro

Hujan di Bratang Surabaya

Kecelakaan Melibatkan Dua Truk di Pandaan

Kebakaran Gudang di Simorejo Sari

Surabaya
Kamis, 29 Oktober 2020
27o
Kurs