Minggu, 5 Mei 2024

Naik Kelas, Siswa Wajib Hafalan 8 Juz Al Quran

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Mungkin berbeda dengan sekolah pada umumnya, jelang kenaikan kelas atau lulus sekolah, setiap siswa Sekolah Integral Hidayatullah Surabaya, wajib menghafal minimal 8 Juz Al Quran.

”Itu adalah bagian dari pendidikan ahlaq siswa disekolah kami. Untuk mereka yang akan naik kelas atau mereka yang menjelang lulus sekolah wajib menghafalkan minimal 8 Juz Al Quran. Wajib bagi seluruh siswa,” terang Fatihul Haq penguji hafalan Al Quran.

Dan Selasa (6/4/2014) tidak seperti sekolah lainnya, disaat siswa kelas 3 atau 9 sedang mengikuti ujian nasional SMP maka mereka yang duduk dikelas 7 dan 8 berkesempatan menikmati libur sekolah, maka di Sekolah Integral Hidayatullah Surabaya, para siswa ‘setor hafalan’ di hadapan penguji.

Beberapa siswa pagi itu sudah bersiap dengan pakaian Sarung dan Kopiah hitam, memilih tempat masing-masing disekitar masjid sekolah untuk mempersiapkan diri menunggu giliran menyampaikan hafalan juz.

Para siswa kelas 1 dan 2 atau kelas 7 dan 8 SMP Sekolah Integral Hidayatullah Surabaya, Selasa (6/5/2014) mempersiapkan diri menghafalkan beberapa juz Al Quran untuk nantinya dicatat sebagai bagian dari kewajiban menjelang kenaikan kelas.

“Di sekolah kami, kelulusan siswa atau kenaikan kelas siswa tidak hanya didasarkan kepada nilai akademik yang bagus saja. Tetapi juga dipadukan dengan kewajiban menghafal juz Al Quran sebagai kelengkapan pendidikan ahlaq,” tegas Fatihul Haq pada suarasurabaya.net, Selasa (6/5/2014).(tok/rst)

Teks foto:
-Siswa mempersiapkan diri menjelang setor hafalan juz Al Quran.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs