Kamis, 2 Mei 2024
Sambut Hari Skizofrenia

Nikmati Hidup Sesuaikan Kemampuan untuk Cegah Skizofrenia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Masyarakat yang terus berubah, bergerak cepat, dihampir seluruh bidang kehidupan tidak dapat dihindari. Ditengah kehidupan seperti itu, masyarakat sebaiknya pilih menghindari pola atau gaya hidup yang tidak sesuai dengan kemampuan. Agar terhindar dari skizofrenia. Skizofrenia adalah kelainan mental yang ditandai oleh gangguan proses berpikir dan respon emosi yang lemah.

Pola hidup atau gaya hidup yang tidak sesuai kemampuan ditegaskan KRT. Th. A. Hendro Riyanto, dr, SpKJ, MM., konsultan Psikiater, dapat menjadikan seseorang tidak berpikir logis dan masuk akal, hanya demi mengejar kesenangan atau kebahagiaan diri sendiri semata.

“Kalau itu dilakukan, dan dijadikan gaya hidup, maka bahaya skizofrenia pasti mengancam. Seseorang, sebaiknya dapat menyesuaikan hidupnya dengan kemampuan yang dimiliki. Kalau gaji yang diterima 10 juta, hindari gaya hidup berbiaya 100 juta, misalnya seperti itu. Di tengah masyarakat yang terus bergerak maju, kondisi seperti itu bisa terjadi pada setiap orang,” terang Hendro Riyanto.

Namun demikian, Hendro menegaskan bahwa hidup sesuai dengan kemampuan bukan berarti hanya pasrah pada keadaan. Setiap orang punya hak untuk berusaha, bekerja keras demi mendapatkan atau mewujudkan keinginannya. Tetapi jika memaksakan diri tidak sesuai dengan kemampuan dapat dipastikan berdampak negatif.

“Dan bahaya skizofrenia menjadi bayang-bayang mengancam yang sewaktu-waktu dapat menyerang lalu kemudian berdampak pada perubahan kejiwaan seseorang. Ini yang harus dihindarkan. Bekerja keras dan selalu berusaha mewujudkan keinginan sangat diperbolehkan, tetapi sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan,” tukas Hendro.

Oleh karena itu, menikmati hidup sesuai dengan kemampuan masing-masing pribadi, diyakini tidak akan rentan menimbulkan dampak negatif bagi setiap kehidupan seseorang.

“Menikmati hidup sesuai dengan kemampuan justru tidak menimbulkan dampak negatif bagi seseorang. Hindari skizofrenia,” tegas hendro Riyanto pada suarasurabaya.net, Jumat (23/5/2014).(tok/ipg)

Teks foto:
– Pasien rumah sakit jiwa ketika mengikuti kegiatan lomba.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs