Minggu, 5 Mei 2024

PDAM di Indonesia 50 Persen Tidak Sehat

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Kondisi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Indonesia, 50 persen dipastikan tidak sehat.

Data ini diungkap Djoko Kirmanto Menteri Pekerjaan Umum di sela Pameran Indo Water Expo 2014 di Grand City, Rabu (21/5/2014).

Menurut Djoko, dengan kondisi itu, maka PU akan menyehatkan semua kondisi PDAM yang belum sehat dari sisi keuangan dan manajemen perusahaan termasuk air yang diproduksi. “Kalau kondisinya sudah sehat, Kementrian PU baru akan memfasilitasi PDAM yang ingin dapat dukungan anggaran dari perbankan,” jelas Djoko.

Ditambahkan Djoko, diantara bentuk dukungan yang akan diberikan Kementrian PU kalau kondisinya sudah sehat dan dapat pinjaman dari bank dengan memberikan subsidi bunga.

“PDAM dikatakan sehat, kalau tarif yang diterapkan tidak abal-abal sehingga besaran tarif ke pelanggan tidak lebih rendah dari biaya produksi,” ujar Djoko.

Selain itu, direksi di PDAM tidak boleh rangkap jabatan, kalau ingin sehat, sehingga dalam bekerja disesuaikan dengan keahliannya masing-masing. “Tidak boleh ada lagi direktur teknis yang merangkap jadi direktur keuangan atau sebalaiknya,” papar Djoko.

Upaya itu harus dilakukan semua PDAM di Indonesia yang kondisinya belum sehat, karena di 2019 mendatang, mereka harus sudah sehat dari semua kekurangannya.

Sementara untuk mengurangi kerugian PDAM karena banyaknya pipa yang jebol, Djoko Kirmanto Menteri Pekerjaan Umum, sudah minta pada semua PDAM mengganti pipa-pipa itu. (tas/dwi)

Teks Foto :
– Djoko Kirmanto Menteri Pekerjaan Umum.
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs