Jumat, 29 Maret 2024
Peringatan Hari Pahlawan

Pakde Karwo Bacakan Amanat Upacara Bikinan Khofifah

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Memperingati hari pahlawan 10 November, Senin (10/11/2014), seluruh daerah secara serentak menggelar upacara bendera yang dipimpin oleh kepala daerah masing-masing.

Dalam upacara kali ini, Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial secara khusus juga menuliskan amanatnya yang dibacakan oleh para kepala daerah.

Di Jawa Timur misalkan, amanat yang dibikin mantan calon Gubernur Jawa Timur ini, dibacakan langsung oleh Soekarwo Gubernur Jawa Timur.

Dan berikut amanat yang ditulis Khofifah, Menteri Sosial :

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Saudara-saudara para peserta upacara yang berbahagia

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, karena atas limpahan rakhmat dan karunia-nya, pada hari ini tanggal 10 november kita semua dapat mengikuti upacara bendera untuk memperingati hari pahlawan tahun 2014.

Sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan perjuangan panjang. NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

Sejarah bangsa dan negara Indonesia mencatat, perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat, komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan untuk memersatukan bangsa ini melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa. Saat itu supaya berani bertindak nyata untuk melawan penjajahan dan ketertindasan akibat kolonialisme dan imperialisme.

Sikap kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi. Sikap kesetiakawanan sosial adalah perwujudan dari kepekaan sosial atau bathin. Kita harus memaknai semua itu bukan hanya sekadar ungkapan saja. Tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang.

Saudara-saudara para peserta upacara yang berbahagia

Usia kemerdekaan Indonesia saat ini telah menginjak 69 tahun. Peringatan hari pahlawan tahun 2014 ini mengambil tema besar “Pahlawan Idolaku”. Tema tersebut dipilih dimaksudkan untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai panutan maupun figur idola pencarian jati diri.

Untuk itu, tema “Pahlawan Idolaku” diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus. Bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di dada setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa.

Selanjutnya melalui kesempatan ini, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya disertai ucapan terima kasih atas kehadiran saudara-saudara dalam upacara peringatan hari Pahlawan ini.

Sekian dan terimakasih
Wassalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakuh. (fik/rs)

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs