Jumat, 17 Mei 2024

Pangkalan V Surabaya Dijabat Komandan Baru

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Foto: Dispen Kormar

Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang melantik Mayor Marinir Anjas Wicaksono Putro sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V Surabaya dalam upacara Sertijab Danyonmarhanlan V di lapangan apel Bhumi Marinir Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, (17/12/2014).

Alumni Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Dikreg Seskoal) Angkatan 52 tersebut dilantik sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V Surabaya menggantikan pejabat lama Letkol Marinir Tony Kurniawan yang akan menempati jabatan baru sebagai Perwira Staf Personel Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir Surabaya.

Dalam amanatnya Komandan Pasmar-1 mengatakan serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan proses wajar yang harus dilaksanakan, bukan untuk memenuhi proses pembinaan personel dalam peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan saja, namun diarahkan untuk memantapkan manajemen organisasi agar lebih antisipatif dan responsif terhadap dinamika lingkungan yang berkembang.

Selain itu, pergantian pejabat juga merupakan upaya pembinaan personel secara berkesinambungan sebagai langkah pembaharuan dan penyegaran pemikiran guna mendapatkan hasil pembinaan satuan yang optimal.
Yonmarhanlan V Surabaya, lanjutnya, merupakan satuan pelaksana Pasmar-1 yang bertugas membina dan menyiapkan kekuatan serta kemampuan unsur-unsur pertahanan pangkalan dan menyelenggarakan tugas-tugas pengamanan pangkalan utama TNI Angkatan Laut di wilayah Lantamal V Surabaya.

Pembinaan satuan Yonmarhanlan V Surabaya merupakan tugas dan tanggung jawab Pasmar-1, namun dalam penyelenggaraan operasinya melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Lantamal V Surabaya.

“Dengan kondisi tersebut, maka Danyonmarhanlan harus mencermati dan memahaminya, sehingga dalam pembinaan satuannya dengan memanfaatkan kearifan lokal dan mengkomunikasikan dengan Pasmar-1, Lantamal V Surabaya maupun dengan satuan TNI-Polri serta masyarakat setempat agar tercipta hubungan saling menguntungkan yang dapat mendukung tugas Yonmarhanlan di wilayah Lantamal V Surabaya,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu dijajaran Pasmar-1 itu menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat bertugas ditempat yang baru kepada Letkol Mar Tony Kurniawan sebagai Paspers Menbanpur-1 Mar, kepada Mayor Marinir Anjas Wicaksono Putro, Komandan juga mengucapkan selamat atas jabatan barunya sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V Surabaya, dengan harapan dapat mempertahankan dan meningkatkan semua keberhasilan yang telah dicapai oleh pejabat lama.


Kegiatan yang dihadiri Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Purwadi, Wadan Lantamal V Kolonel Laut (P) Weddy Widya, Dankolatmar Kolonel Marinir Budi Purnama, S.Pi, Danbrigif-1 Mar Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, Danmenbanpur-1 Mar Kolonel Marinir Iwan Hermawan, Danmenkav-1 Mar Kolonel Marinir Herkulanus Herry Sintarto, Danmenart-1 Mar Letkol Marinir F. Simanjorang, para Asisten Pasmar-1, Ketua Korcab Pasmar-1 Ny. Kasirun Situmorang beserta pengurus tersebut, seperti dilansir dalam surat elektronik yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (18/12/2014) juga dihadiri pejabat TNI-Polri di wilayah Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
29o
Kurs