Kamis, 2 Mei 2024

Panglima TNI Pimpin Upacara HUT ke 43 Korpri

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Foto : Dispen AL

Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko memimpin upacara HUT ke-43 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Lapangan Apel Mabes TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (1/12/2014).

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya, kepada tiga Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI yang mendapat tanda penghargaan dari negara.

Presiden RI Joko Widodo selaku Pembina Utama Korpri Nasional berpesan melalui amanatnya yang dibacakan Panglima TNI selaku Irup pada upacara tersebut, antara lain, agar jajaran Korpri bisa menjadi guru, menjadi tauladan bagi perubahan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat.

Selain itu, Presiden juga berharap agar jajaran Korpri untuk memahami dan melaksanakan penataan birokrasi yang menjadikan birokrasi yang bersih, kompeten, dan mampu melayani masyarakat dengan lebih cepat lagi.

“Berikan pelayanan birokrasi yang makin cepat, makin akurat, makin murah, dan makin baik. Tinggalkan mentalitas priyayi atau penguasa. Jadilah birokrat yang melayani dan mengabdi dengan sepenuh hati untuk kejayaan bangsa dan kesejahteraan rakyat,” papar Presiden Joko Widodo.

Sementara itu menurut Ketua Korpri TNI AL Drs. Safwanuddin, M.M., di balik kesehariannya dalam melaksanakan tugas pokoknya guna mendukung tugas pokok TNI, para PNS dipersiapkan untuk menjadi komponen cadangan nasional.

Karenanya, mereka telah digodok melalui program Diklat Bela Negara yang telah berjalan sejak empat bulan yang lalu, dan kini telah berhasil melahirkan empat gelombang Diklat, tiap gelombang pihaknya (dari Korpri TNI AL) mengirimkan 40 peserta yang dilakukannya secara bergiliran.

Sebagai tuan rumah, puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AL wilayah Jakarta yang telah merampungkan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Bela Negara, mengangkat senjata jenis M 16 A1 untuk melakukan demonstrasi keterampilan bongkar pasang senjata secara massal, bahkan tiga orang diantaranya melakukan hal tersebut dengan mata tertutup.

Seusai upacara dan demonstrasi ketangkasan personel Bela negara, seperti dilansir dalam surat elektronik yang diterima suarasurabaya.net, Senin (1/12/2014), dilanjutkan dengan syukuran yang diwarnai dengan pemberian santunan kepada sejumlah anak yatim dari kalangan keluarga besar PNS TNI AD, AL, dan AU, di Auditorium Denma Mabesal.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs