Sabtu, 18 Mei 2024

Panjat Pinang Daftar Gratis, Bisa Pulang Bawa Mesin Cuci

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Lomba Panjat Pinang meriahkan HUT ke 69 tahun RI. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meski dibanyak tempat tidak lagi ditemukan lomba tradisional memeriahkan HUT ke 69 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, di Jemur Ngawinan lomba panjat pinang berhadiah istimewa digelar secara cuma-cuma.

“Terbuka untuk umum. Tidak dipungut biaya. Gratis. Kalau berhasil dan beruntung bisa sampai puncak, ada hadiah menarik. Mulai dari mesin cuci, kulkas, dan hadiah-hadiah menarik lainnya. Silahkan mendaftar,” tegas Suparno satu diantara panitia lomba panjat pinang.

Digelar ditengah sungai yang ada diperkampungan RT 5 RW 2 Jemur Ngawinan kecamatan Wonocolo, Surabaya, lomba panjat pinang digelar Sabtu (16/8/2014) dan Minggu (17/8/2014) mulai sekitar pukul 08.00 wib.

Beberapa kelompok anak muda, yang mencoba menjajal licinnya pohon Pinang, terpaksa harus melorot turun sampai kebawah dan byuuurrrr….tercebur dalam air sungai.

Beberapa kali kelompok anak-anak muda itu mencoba, tetapi beberapa kali juga mereka terpaksa harus melorot dan tercebur dalam air sungai. Termasuk mereka yang sengaja menempatkan diri dibagian bawah menyanggah teman-temannya naik, jug aharus terendam air sungai.

Tepuk tangan dan suara tawa penonton yang mengelilingi sungai terdengar berulang-ulang. Teriakan memberikan semangat dari penonton juga tedengar. Sayangnya, anak-anak muda itu harus melorot, tercebur, melorot lagi, dan tercebur lagi.

“Licin sekali. Kita sudah rencanakan buat seperti tangga gitu. Tapi memang licin sekali. Makanya tadi sudah sampai tengah tapi kawan-kawan lain tidak ada pegangan, makanya langsung melorot kebawah. Yang penting bergembira,” kata Gigi satu diantara anggota kelompok peserta panjat pinang.

Sementara itu, ditambahkan Suparno, bahwa setiap tahun, bertepatan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, warga Jemur Ngawinan selalu menggelar lomba-lomba tradisional. Dan yang paling seru panjat pinang.

“Minggu (17/8/2014) besok peserta mulai melakukan pemanjatan sekitar pukul 08.00 wib. Tiap tahun setiap memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, kami gelar lomba panjat pinang seperti ini,” tambah Suparno saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Sabtu (16/8/2014).(tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs