Selasa, 30 April 2024

Pawai Ogoh-ogoh Hanya Digelar di Lingkungan Pura

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, persembahyangan Tawur Agung Kesanga kali ini tanpa disertai pawai arak-arakan Ogoh-ogoh, karena bertepatan dalam masa kampanye Pemilihan Umum legislatif (Pileg) 2014.

“Tetapi kami tetap menggelar persembahyangan Tawur Agung Kesanga, di masing-masing pura. Sedangkan arak-arakan Ogoh-ogoh yang tahun lalu dipusatkan di Tugu Pahlawan, kali ini ditiadakan. Itu karena bertepatan dengan masa kampanye Pileg 2014,” terang Wayan Suraba ketua PHDI Surabaya, Sabtu (29/3/2014).

Namun demikian ditegaskan Wayan Suraba, bahwa umat masih diperbolehkan melaksanakan pawai Ogoh-ogoh tetapi pelaksanaannya di sekeliling pura. “Boleh menggelar pawai seni Ogoh-ogoh, tapi dilaksanakan di sekitar pura,” tegas Wayan Suraba.

Dijadwalkan, Minggu (30/3/2014) besok, persembahyangan Tawur Agung Kesanga digelar di pura Agung Jagad Karana mulai sekitar pukul 09.00 WIB. Tawur Agung Kesanga, kata Wayan Suraba tidak kalah penting dengan Melasti.

“Persembahyangan Tawur Agung Kesanga merupakan persembahyangan terakhir menuju Catur Brata Penyepian. Oleh karena itu, Minggu (30/3/2014) besok umat Hindu dipastikan akan menyesaki pura Agung Jagad Karana,” ujar Wayan Suraba.

Sedangkan untuk pawai seni Ogoh-ogoh dijadwalkan mulai sekitar pukul 14.00 WIB, dan dipusatkan dilingkungan Pura Segara Kenjeran. “Umat di masing-masing sektor boleh melaksanakan sendiri pawai seni Ogoh-ogoh sekaligus pengerupukan dimasing-masing pura,” kata Wayan Suraba.(tok/fik)

Teks foto:
-Pawai seni Ogoh-ogoh tahun ini ditiadakan.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
31o
Kurs