Minggu, 28 April 2024

Pelajar Indonesia Kibarkan Merah-Putih di Belanda

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan

Pelajar Sekolah Indonesia Nederland (SIN) yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) akan mengibarkan Bendera Merah Putih pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-69 yang akan diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda.

Tiga belas siswa Sekolah Menengah tersebut telah dikukuhkan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda Retno L.P Marsudi pada Jumat (15/8/2014) dalam upacara pengukuhan Paskibra yang dihadiri oleh staf KBRI, para guru SIN serta orang tua siswa.

Pasukan Pengibar Bendera dari KBRI Den Haag terdiri atas lima siswa sekolah menengah pertama kelas IX dan delapan siswa sekolah menengah atas kelas XI dan XII.

“Saya sangat bangga bisa menjadi anggota Paskibraka, apalagi upacara pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan di Belanda,” kata Radika yang mendapat tugas sebagai pengibar bendera bersama Abi Asari dan Aurelie Briteney, sepertri yang dilansir Antara (17/8/2014).

Radika mengakui dirinya sedikit gugup untuk menjalankan tugas pengibaran bendera, namun kepercayaan dirinya bangkit setelah melewati upacara pengukuhan Paskibra.

“Setelah mencium Merah Putih, rasa percaya diri saya bangkit,” ujarnya.

Kebanggaan juga dirasakan oleh Nadia Delfi Zafira yang menyatakan rasa syukurnya karena terpilih sebagai anggota Paskibra di Belanda.

“Bagi saya, menjadi Paskibra adalah salah satu hal yang bisa saya lakukan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan. Selain itu sebagai pelajar saya berusaha untuk selalu belajar dengan baik dan serius agar nantinya bisa berkontribusi untuk Indonesia,” kata Nadia yang sudah dua kali menjadi anggota Paskibra di Belanda.

Menurut mereka, latihan yang dijalankan Paskibra cukup berat dan panjang yakni sepanjang Juni dan dimulai lagi pada awal Agustus hingga tiga hari menjelang peringatan 17 Agustus. Para anggota Paskibra dilatih oleh Atas Pertahanan Kedutaan Besar Indonesia di Den Haag, Belanda.(ant/nif/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs