Minggu, 16 Juni 2024

Pelaku Industri Kreatif Minati Jaringan Global

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Melalui jaringan global lewat internet, pelaku industri kreatif menjaring klien atau calon buyer untuk saling berinteraksi dalam rangka memperluas akses dan jaringan dengan pasar lebih luas.

“Awalnya saya memang berfikir bahwa jaringan global melalui internet memberikan kemudahan bagi pelaku industri kreatif seperti saya untuk bisa berinteraksi dengan klien atau calon buyer,” terang Adam TNY ilustrator development.

Dan ternyata, lanjut Adam memang sangat tepat. Itu dibuktikannya dengan keikutsertaan Adam dalam berbagai kesempatan pameran produk-produk dan karyanya disejumlah negara Eropa dan Asia.

“Dengan akses lebih luas melalui internet, industri kreatif terus disupport untuk bisa saling berinteraksi. Saya juga terus memperluas jaringan dengan berbagai klien agar pasar juga semakin luas,” ujar Adam pada suarasurabaya.net.

Sementara itu, bagi Mamuk Ismuntoro pendiri dan pengelola Matanesia, kebutuhan memperluas jaringan secara global melalui internet memang menjadi satu diantara upaya pelaku industri kreatif membangun bisnisnya.

Dengan pasar yang lebih luas, kata Mamuk, pelaku industri kreatif tidak menutup kemungkinan bertemu dengan klien yang memang membutuhkan produk-produk industri kreatif.

“Pasar global memang penting. Dan pelaku industri kreatif butuh pasar yang luas. Oleh karena itu, pelaku industri kreatif memang harus berani out of the box agar dapat menemukan pasar yang lebih luas juga,” pungkas Mamuk Ismuntoro saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Kamis (13/3/2014).(tok/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
28o
Kurs