Sabtu, 4 Mei 2024

Pembelian Tiket KA Online Kadang Terkendala Jaringan Internet

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Dahulu orang yang ingin menggunakan jasa kereta api harus bersusah payah datang ke stasiun untuk membeli tiket dan rela mengantre juga berdesakan untuk mendapatkan tiket ke tempat tujuan.

Namun sistem manual tersebut sudah tidak berlaku lagi semenjak tahun 2011 hingga sekarang. Hal ini karena PT KAI telah menyediakan banyak moda untuk masyarakat membeli tiket KAI tanpa harus datang ke stasiun. Diantaranya ialah, via ATM, Kantor Pos, Indomaret, Alfamart, hingga langsung via online di situs KAI atau situs agen resmi penjual tiket KAI.

Terkait penjualan secara online, beberapa hari lalu sempat diberitakan keluhan beberapa masyarakat yang susah mendapatkan tiket kereta. Menurut mereka, saat akan membeli tiket secara online mengalami kendala jaringan internet, sehingga terlambat membooking tiket dan akhirnya gagal mendapat tiket.

Menanggapi keluhan tersebut, Sugeng Priyono, Vice President Public Relations PT KAI saat dihubungi suarasurabaya.net, Senin (2/6/2014) mengaku, sejak beberapa waktu lalu, tepatnya H-90 menjelang lebaran, server booking tiket secara online diserbu banyak orang, sehingga menyebabkan sedikit gangguan.

“Memang sempat ada gangguan, namun secepatnya sudah kami tanggapi dan berjalan normal. Jika masih ada yang kesulitan, itu soal jaringan internetnya,” kata dia.

Menurutnya, transportasi kereta api hingga saat ini masih jadi primadona masyarakat utamanya menjelang lebaran. Jadi sangat wajar jika sejak dibuka H-90 kemarin masyarakat sudah berbondong-bondong memburu tiket via online.

“Mulai tahun semua tiket bisa dibeli via online. Tidak ada kuota yang membatasi online dan offline, jadi kalau tiket sudah habis berarti ya benar-benar habis,” pungkasnya.

Untuk membelian via online, Sugeng mengatakan masyarakat bisa membuka langsung situs PT KAI atau situs agen resmi penjual tiket KAI. Di sana akan ditunjukkan cara untuk melakukan pembelian tiket kereta api.

Cara paling baru dan mudah yang bisa dilakukan untuk melakukan pembelian tiket kereta adalah lewat gerai Indomaret. Tinggal berjalan menuju Indomaret, lalu menemui kasir dan pesan kereta api sesuai tujuan kemudian bayar plus charge Rp. 7.500,00, maka tiket pun sudah di tangan.

“Sangat gampang, meskipun tetap saja tergantung jaringan. Ini karena situs yang dibuka oleh Indomaret atau Alfamart sama dengan situs yang bisa kita buka sendiri di internet,” ungkapnya. (ain/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs