Jumat, 26 April 2024

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Jatuh Pada 28 Juli

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Lukman Hakim Syaifudin Menteri Agama mengumumkan hasil sidang Isbat telah menetapkan bahwa hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 H jatuh pada Senin (28/7/2014).

Dia mengatakan, sidang Isbat diawali dengan paparan dari anggota tim hisab dan rukhyat Kementerian Agama untuk menjelaskan posisi hilal dari seluruh wilayah di tanah air.

“Tadi dilaporkan bahwa berdasarkan semua tim hisab dan rukhyat, hilal dalam posisi di atas 2 derajat bahkan ada yang sampai di atas 3 derajat,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, berdasarkan laporan pelaksanaan hisab di 111 titik dari wilayah Sabang sampai Merauke ada sembilan orang di wilayah yang berbeda yakni di Gresik Jawa Timur, Pelabuhan Ratu Sukabumi dan Kolaka Sulawesi Tenggara juga menyatakan telah melihat hilal.

“Oleh karena itu seluruh peserta sidang Isbat sepakat menetapkan 1 Syawal jatuh pada Senin (28/7/2014),” ujar dia.

Peserta sidang Isbat, kata dia, juga bersepakat untuk merekomendasikan pada pemerintah bersama Majelis Ulama sesegera mungkin mengadakan pertemuan intensif. Pertemuan ini untuk menentukan definisi dan kriteria dalam penetapan 1 Syawal mendatang agar lebih baik dan sempurna.

“Sehingga nantinya umat Islam dapat melaksanakan seluruh ajaran agamanya dengan baik,” kata dia.

Setelah mengumumkan hasil sidang Isbat, Menteri Agama akan menuju ke Masjid Istiglal untuk melaksanakan takbir. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs