Jumat, 3 Mei 2024

Pemimpin Aliran Sesat Malaysia Diduga Lari ke Indonesia

Laporan oleh Triono
Bagikan

Beberapa pengikut aliran sesat yang tengah dipantau pihak berwajib di Malaysia diduga melarikan diri ke Indonesia, termasuk pemimpin utamanya setelah kegiatan mereka terungkap di media pada awal September lalu.

Mengutip Antara, Harian Metro terbitan Kuala Lumpur pada Selasa (23/9/2014) melaporkan, pemimpin utama aliran sesat yang merupakan pegawai di sebuah Jabatan Agama Islam Negeri itu gagal ditahan pada Jumat (19/9/2014) karena tidak muncul di Lapangan Terbang Antarbangsa Kuala Lumpur 2 (KLIA2).

“Yang ada ialah tujuh orang lain termasuk dua perempuan dan seorang anak-anak. Pihak berwajib mengenali mereka sebagai perantara pemimpin utama aliran sesat itu,” demikian salah satu sumber yang dikutip media di Kuala Lumpur.

Namun, pihak berwajib tidak memiliki perintah tangkap terhadap ketujuh orang tersebut sehingga mereka dibiarkan lolos dan diduga lari ke Indonesia.

“Ada kemungkinan tersangka utama sudah lari ke Indonesia menggunakan jalur ilegal,” katanya.

Menurut dia, hasil pengusutan pihak berwenang menunjukkan bahwa Indonesia menjadi pilihan kelompok itu untuk melarikan diri dan “menambah ilmu.”

Sebelumnya, pejabat Kementerian Dalam Negeri Malaysia Zamihan Mat Zin Al Ghari mengatakan kelompok tersebut diduga memiliki dana hingga tiga juta ringgit atau setara dengan Rp 11 miliar dan berpotensi terjerumus ke aktivitas militan.

Kelompok tersebut diduga memiliki sekitar 5.000 anggota di seluruh Malaysia dan memperoleh sumber keuangan dari hasil sumbangan anggotanya.

Selain bergerak di dalam negeri, berdasarkan hasil pengusutan petugas, kelompok itu mempunyai kaitan dengan sebuah organisasi politik di negara tetangga.(ant/ono/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs