Selasa, 23 April 2024

Pemkot Surabaya Akan Beli Bekas Penjara Kalisosok

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Pemkot Surabaya berencana membeli bekas penjara Kalisosok, untuk diubah jadi museum dan tempat wisata.

Rencana pembelian penjara Kalisosok ini disampaikan Tri Rismaharini Walikota Surabaya, Senin (5/5/2014). Menurut Risma, Kalisosok punya sejarah yang sangat panjang dan kenangan tersendiri.

“Dulu almarhum ayah saya mencuri senjata di Kalisosok, waktu masih dijadikan gudang senjata, sebelum jadi penjara,” ungkap Risma.

Walikota Surabaya mengatakan, selain akan mengubah Kalisosok untuk museum dan tempat wisata, rencananya pemkot juga akan mengubah bekas penjara Kalisosok untuk jadi sentra PKL. “Biar suasananya hidup nanti dicampur antara tempat wisata, sejarah dan pusat PKL,” ujar Risma.

Ditambahkan Risma, kalau nanti bekas penjara Kalisosok sudah dibeli Pemkot, maka Pemkot tidak akan sembarangan mengubah fungsi dan keberadaanya sebagai bangunan cagar budaya.

“Justru kita akan mengembalikan kondisi Kalisosok seperti dulu, misalnya sebagai tempat penyimpanan senjata,” jelas Risma.

Menurut Risma, sebelum membeli bekas penjara Kalisosok, Pemkot masih menghitung anggarannya. “Lokasi Kalisosok nanti akan terhubung dengan rute traim yang akan dibangun Pemkot Surabaya sehingga akan memudahkan aksesnya,” papar Risma.

Sementara tentang masih adanya penghuni di dalam bekas penjara Kalisosok, Walikota memastikan akan menangani mereka, sesudah Kalisosok resmi jadi aset Pemkot Surabaya. (tas/ipg)

Teks Foto :
– Kondisi penjara Kalisosok
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
32o
Kurs