Selasa, 31 Maret 2020

Pendidikan Tak Harus Formal

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Banyak cara untuk menginspirasi dan menyemangati anak-anak Indonesia untuk berkembang di dunia pendidikan. Tidak hanya pendidikan formal di sekolah tapi juga pendidikan informal. Misalnya banyak berdiri lembaga-lembaga atau gerakan pendidikan informal dengan caranya masing-masing.

1. Indonesia Mengajar memiliki misi ganda mengisi kekurangan guru berkualitas di daerah yang membutuhkan dan menjadi wahana belajar kepemimpinan bagi anak-anak muda terbaik Indonesia agar tak semata memiliki kompetensi kelas dunia, tetapi juga pemahanan akar rumput.

Indonesia Mengajar membantu mengisi kekurangan guru sekolah dasar, khususnya di daerah terpencil dengan mengirimkan lulusan terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah dididik intensif untuk menguasai kapasitas kepengajaran dan kepemimpinan untuk bekerja sebagai guru selama satu tahun.

Awalnya, selepas menempuh pendidikan di UGM, Anies Baswedan mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Tinggal, belajar dan bekerja di sana membuatnya memahami bahwa anak-anak Indonesia membutuhkan kompetensi kelas dunia untuk bersaing di lingkungan global. Tetapi, kompetensi kelas dunia saja tak cukup. Anak-anak muda Indonesia harus punya pemahaman empatik yang mendalam seperti akar rumput meresapi tanah tempatnya hidup.

Semua proses di atas, secara perlahan membentuk ide besar Gerakan Indonesia Mengajar. Proses untuk mendesain dan mengembangkan konsep Indonesia Mengajar dimulai pada akhir 2009, dengan membentuk tim kecil yang kemudian berkembang hingga menjadi organisasi seperti sekarang ini.

Diinspirasi oleh janji kemerdekaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, Indonesia dipenuhi oleh anak muda yang tulus mengabdi menjadi guru selama waktu tertentu di daerah, menularkan optimisme, menebar inspirasi dan menjadi jendela kemajuan di tingkat akar rumput.

Pada saat bersamaan, anak-anak muda itu belajar untuk peka dan peduli pada realitas kehidupan bangsanya. Kehadiran dan kehidupan anak-anak muda itu di sekolah, desa dan keluarga baru mereka di pelosok Nusantara akan merajut tenun kebangsaan yang lebih kokoh.

2. Indonesia Bercerita juga berinisiatif untuk mempromosikan dan memberikan dukungan upaya mendidik anak melalui cerita.

Indonesia Bercerita menyediakan podcast (mp3) berisi cerita-cerita yang membebaskan imajinasi anak untuk menemukan diri terbaiknya. Podcast cerita ini dapat diunduh secara gratis. Adanya podcast ini diharapkan adanya penyebaran kebiasaan bercerita sebagai proses pendidikan secara formal maupun informal. Indonesia Bercerita juga melakukan pelatihan Pejuang Pencerita, Festival Para Pencerita dan Festival Menciptakan Cerita.

Indonesia bercerita juga mempunyai mimpi setiap anak Indonesia tumbuh dan berkembang menjadi dirinya sendiri,Indonesia menjadi bangsa yang berani tampil beda dan berani mengkreasikan hal-hal baru, antar generasi saling belajar dan berdialog mengkreasikan Indonesia bersama, warga kota dan desa saling berbagi pengetahuan untuk mewujudkan kota/desa idaman, potensi indonesia menjadi sebuah keunggulan di mata dunia dan menjadi ikon dunia.

3. Indonesia Berkebun juga merupakan gerakan komunitas yang bergerak melalui media jejaring sosial (baik itu twitter, facebook, youtube, dll) yang bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang diubah menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif yang dilakukan oleh peran masyarakat sekitar.

Indonesia Berkebun mempunyai visi dan misi untuk menyebarkan semangat positif kepada seluruh warga untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang diubah menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif yang dilakukan oleh peran masyarakat sekitar agar mempunyai ketahanan dan kemandirian pangan secara berkelanjutan di dalam mengantisipasi krisis pangan di masa mendatang.

Dengan gerakan positif ini, Indonesia Berkebun dianugrahkan penghargaan oleh Google Asia Pacific untuk kategori Web-Heroes pada tahun 2011, Inspiring Movement for Environment 2013 dari Nutrifood, Finalist Ashoka Changemakers 2013 dan apresiasi-apresiasi lainnya baik dari media nasional hingga internasional juga instansi-instansi lainnya.

Besar harapan dari penggiat-penggiat Indonesia Berkebun – @IDberkebun supaya kegiatan ini bisa menularkan semangat kepada teman-teman dan warga lainnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan khususnya perkotaan supaya dapat menjadi kota yang hijau, bersih, sehat nyaman dan mempunyai nilai dan kualitas yang tinggi untuk ditinggali di masa depan untuk generasi penerus dan anak cucu kita. (berbagai/dwi)

Foto : Ilustrasi

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Surabaya
Selasa, 31 Maret 2020
30o
Kurs