Sabtu, 11 Mei 2024

Peneliti Biodiesel Berbahan Lumpur dan Magical Light Box Diwisuda

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Pengguna kendaraan bermotor maupun mobil dari tahun ke tahun terus meningkat di Indonesia. Dan itu tentunya juga membutuhkan ketersediaan bahan bakar yang cukup besar. Padahal cadangan BBM semakin menipis.

“Kalau BBM berbahan dasar fosil seperti yang kita kenal sekarang ini terus menerus dipakai, maka cadangan pasti akan menipis. Padahal pertambahan kendaraan terus meningkat. Ini memprihatinkan,” terang Farel Gunawan.

Dan dari keprihatinan itulah kemudian mahasiswa jurusan Teknik Kimia Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya ini melakukan penelitan tentang biodisel berbahan lumpur aktif sisa pengolahan limbah.

Butuh waktu sekurangnya 6 bulan untuk mendapatkan hasil biodiesel yang merupakan kandidat terbaik menggantikan bahan bakar fosil sebagai sumber energi khususnya untuk kendaraan.

Sementara itu, Yuliana Ni Putu Purniawati mahasiswi jurusan Fisika fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKWM Surabaya, membuat penelitian untuk pembelajaran ilmu Fisika lebih menyenangkan.

“Karena banyak orang berpendapat belajar Fisika itu membosankan. Dan dengan penelitian yang saya buat, mudah-mudahan belajar Fisika menjadi lebih menyenangkan dan jauh lebih menarik,” ujar Yuliana.

Melalui Magical Light Box karyanya, Yuliana memberikan contoh jelas bagaimana belajar Fisika menjadi jauh lebih menarik. Karena siswa tidak hanya membayangkan tetapi langsung melihat bagaimana ilmu Fisika diaplikasikan.

“Kotak dengan cermin di bagian tengahnya, kemudian ditempatkan lampu, maka akan terjadi perubahan-perubahan warna pada bagian kotak dengan bola di dalamnya. Kalau biasanya hanya dibayangkan, ini langsung dilihat,” ujar Yuliana.

Dengan penelitiannya tersebut, Farrel Gunawan dan Yuliana Ni Putu Purniawati dipastikan bakal mengikuti wisuda mahasiswa di UKWM Surabaya pada Sabtu (3/5/2014).(tok/ipg)

Teks foto:
-Yuliana dan Magical Light Box-nya mengantar wisuda.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
30o
Kurs