Minggu, 28 April 2024

Pengungsi Kelud Masih Kekurangan Makanan dan Masker

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Sebanyak 26.223 warga Kabupaten Kediri dari empat kecamatan yang ada di lereng Gunung Kelud saat ini penuhi puluhan titik pengungsian.

Informasi yang dihimpun suarasurabaya.net, Sabtu (15/2/2014), para pengungsi ini mayoritas berasal dari delapan desa terdekat dari puncak Kelud.

Mereka berasal dari Kecamatan Ngancar yaitu dari Desa Sugih Waras dan Sempu; kemudian dari Kecamatan Puncu berasal dari Desa Puncu dan Desa Satak. Lantas Kecamatan Kepung berasal dari Kebon Rejo dan Besowo; dan Kecamatan Plosoklaten berasal dari Sepawon dan Trisulo.

Para pengungsi sendiri mengaku hingga saat ini mereka masih kesulitan mendapatkan air bersih. Bantuan makanan juga sangat minim.

“Banyak warga yang juga belum mendapatkan masker,” kata Marsiyo, 45 tahun, warga Kebon Rejo, Kecamatan Kepung yang saat ini mengungsi di Balai Desa Siman, Sabtu (15/2/2014).

Siti Fatimah, Koordinator Siaga Kelud Kecamatan Kepung mengakui hingga saat ini bantuan makanan memang masih minim, begitu juga akses air bersih juga masih kurang.

“Di sini misalnya hanya ada 4 MCK, padahal jumlah pengungsi mencapai 4 ribu orang,” kata Siti Fatimah. (fik/ipg)

Teks Foto :
– Pengungsian di Desa Siman, Kecamatan Kepung.
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs