Sabtu, 4 Mei 2024

Pengungsi di Blitar Sudah Balik ke Rumah

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Ratusan pengungsi letusan Gunung Kelud di Kabupaten Blitar sudah balik ke rumah sesudah dikunjungi Susilo Bambang Yudhoyono Presiden.

Para pengungsi yang sudah balik ke rumah mereka masing-masing itu, sebelumnya ditampung di tiga titik pengungsian, di antaranya di Aula Kecamatan Nglegok, SDN Nglegok 3, dan SMKN Nglegok 1.

Arif Tim Relawan Letusan Gunung Kelud mengatakan, para pengungsi itu sudah pulang, karena mereka menganggap situasi sudah aman, bahkan di antara para pengungsi sudah melakukan aktifitasnya seperti biasa mulai Selasa (18/2/2014) pagi.

“Mereka sudah naik semua, di atas sudah dianggap aman, mereka tidak mau lama-lama di pengungsian,” jelas Arif.

Sementara di tiga lokasi pengungsian itu, hanya ada dua tenda polisi yang masih berdiri dan beberapa petugas PMI yang sudah berkemas membersihkan barang-barang mereka.

Aktifitas warga, khususnya di Kecamatan Nglegok terpantau juga sudah seperti hari biasa, beberapa toko dan warung juga sudah banyak yang buka, termasuk warga yang bertani.

Sampai jelang pukul 20:00 WIB, Selasa (18/2/2014) malam, warga di sekitar Kecamatan Nglegok sempat dibuat panik, dengan aliran air yang cukup deras di Kali Badak.

Mereka khawatir air itu membawa lahar panas atau lahar dingin dari Gunung Kelud, tapi tidak terlalu lama, sekitar satu jam aliran air di Kali Badak sudah menurun debitnya dan warga kembali tenang. (tas/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs