Sabtu, 25 Mei 2024
Kecelakaan Kereta Api

Penjaga Palang Pintu Tak sempat Hubungi Stasiun

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Kecelakaan yang melibatkan kereta Api (KA) Mutiara Timur dengan truk Fuso L 8981 UX di perlintasan KA Jemursari, Surabaya, menurut beberapa saksi mata menyebutkan berawal dari truk Fuso dari arah Rungkut yang mogok dan ekor truk masih berada di atas rel KA.

Penjaga palang pintu perlintasan KA Jemursari juga tidak sempat memberikan informasi ke Stasiun terdekat terkait adanya truk yang mogok tersebut.

Rustanto Asisten Humas Internal PT KA Daop VIII Surabaya mengatakan, petugas penjaga palang pintu tidak sempat menghubungi stasiun terdekat. Hal ini dikarenakan saat truk mogok, kereta yang melaju dari arah Stasiun Wonokromo sudah terlalu dekat dengan perlintasan Jemursari.

“Kereta Api sudah lepas dari stasiun Wonokromo, petugas penjaga palang pintu juga tidak sempat memberikan informasi ke stasiun jika ada truk mogok,” kata Rustanto kepada suarasurabaya.net saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis (12/6/2014) dini hari.

Dia menambahkanm KA Mutiara Timur berangkat dari Stasiun Gubeng sekitar pukul 22.10 WIB, dengan mengangkut 189 penumpang menuju Banyuwangi. “Kecelakaan terjadi sekitar 15-20 menit setelah kereta berangkat dari Stasiun Gubeng,” ujarnya.

Sementar itu, ratusan penumpang yang siap untuk berangkat ke Banyuwangi tersebut, terpaksa ditarik kembali ke Stasiun Gubeng, untuk diberangkatkan kembali ke Banyuwangi melalui jalur yang berbeda.

“Penumpang ditarik ke Stasiun Gubeng, untuk diberangkatkan melakui jalur Tarik, Tulangan, Sidoarjo, Bangil , Jember, dan sampai di Banyuwangi,” kata Rustanto.

Dia juga mengatakan, dalam tragedi ini, semua penumpang kereta api selamat. “Semua penumpang selamat, namun ada informasi ada korban cidera di luar penumpang, nanti akan saya cek,” ujarnya.

Sementara itu, terkait lokomotif dan satu gerbong KA Mutiara Timur yang anjlok, Rustanto mengatakan, pihaknya akan langsung melakukan evakuasi agar jalur kereta segera bisa digunakan. “Proses evakuasinya sendiri paling cepat tiga jam. Mudah-mudahan secepatnya bisa dievakuasi,” pungkasnya. (wak)

Teks Foto:
– Polisi mengecek kondisi truk Fuso yang tertabrak KA Mutiara Timur.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
27o
Kurs