Minggu, 19 Mei 2024

Peran Orang Tua pada Pendidikan Seksual Sangat Penting

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Peran orang tua menjadi sangat penting disaat membahas pendidikan seksual secara dini kepada anak-anak dan generasi muda. Karena selain dengan guru di sekolah, anak-anak juga berinteraksi dengan orang tua masing-masing di rumah.

“Jika kemudian orang tua menyerahkan seluruhnya, termasuk tentang pendidikan seksual secara dini kepada guru di sekolah, ini sangat keliru. Justru ketika membahas pendidikan seksual, peran serta orang tua menjadi sangat penting,” terang Isa Anshori pemerhati pendidikan.

Mengapa? Karena selain dengan guru di sekolah, anak-anak juga memiliki kesempatan berinteraksi dengan orang tua masing-masing di rumah. “Itulah justru peran orang tua menjadi sangat penting ketika membahas pendidikan seksual,” kata Isa Anshori.

Dra Muntiani, kepala SMAN 14 Surabaya membenarkan jika peran guru disekolah terkait pendidikan seksual, masih harus didukung peran orang tua di rumah. Karena selain disekolah, bergaul dengan guru dan teman sekolah, anak-anak masih berinteraksi dengan orang tua.

“Orang tua perannya sangat penting. Kalau dihitung jam, berapa lama anak-anak berinteraksi dengan guru dnateman di sekolah? Masih lebih panjang waktu bertemu orang tua di rumah kan? Oleh karena itu, orang tua juga harus dilibatkan dalam pendidikan seksual anak-anak secara dini. Ini sangat penting,” papar Muntiani pada suarasurabaya.net, Senin (1/12/2014).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs