Senin, 6 Mei 2024

Percepat Penanganan, AMUS Ditempatkan Dekat Lokasi Rawan Bencana

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

PT KA Daops VIII Surabaya menempatkan alat material untuk siaga (AMUS) yang digunakan menangani bencana, dititik-titik dekat lokasi perlintasan kereta api rawan bencana. Agar sesegera mungkin dapat difungsikan menanggulangi kendala perjalanan kereta api.

“Kami sejak awal memang sudah menempatkan AMUS di dekat lokasi atau titik-titik perlintasan yang rawan bencana. Bahkan penempatan material itu jauh-jauh hari sebelum musim penghujan tiba. Ini memang prosedur standar dalam penanganan bencana,” papar Soemarsono kepala Humas PT KA Daops VIII Surabaya, Jumat (28/11/2014).

Lebih jauh Soemarsono menambahkan, bahwa sesuai dengan prosedur operasional standar yang sudah ditetapkan, penempatan AMUS memang tidak boleh terlalu jauh dengan kawasan rawan bencana. Hal itu sehubungan dengan penanganan segera kendala yang bisa menghambat perjalanan kereta api.

“Keselamatan sekaligus kenyamanan penumpang tetap kami prioritaskan. Sehingga jika terjadi kendala seperti misalnya perlintasan terendam banjir, maka akan kami upayakan pembenahan atau penanggulangan. Dan untuk itu kebutuhan material harus dekat dengan lokasi kerawanan,” tambah Soemarsono.

Alat material untuk siaga (AMUS) diantaranya adalah Balas Kricak, Kerikil, Bantalan Rel, hingga alat berat, saat ini sudha ditempatkan pada kawasan-kawasan tidak jauh dari lokasi rawan bencana. “Tentunya kami sudah mengkoordinasikannya dengan kepala stasiun terdekat,” tutup Soemarsono pada suarasurabaya.net, Jumat (28/11/2014).(tok/ipg)

Teks foto:
– AMUS ditempatkan di dekat kawasan rawan bencana.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs