Senin, 6 Mei 2024
Hari Cinta Pupsa dan Satwa (HCPS)

Peringati HCPS, Arek Suroboyo Wajib Peduli Satwa KBS

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Kedatangan Trimoelja D. Soerjadi praktisi hukum, dengan sejumlah elemen masyarakat Surabaya, Rabu (5/11/2014) ke Mapolrestabes Surabaya menuntut penuntasan kasus pertukaran satwa di KBS, adalah satu diantara kepedulian Arek-arek Suroboyo terhadap keberadaan KBS serta satwa-satwa didalamnya.

“Saya Arek Suroboyo, saya juga mencintai satwa-satwa koleksi KBS. Ini bukan persoalan kecil. Seluruh masyarakat Surabaya, terutama Arek-arek Suroboyo punya kewajiban untu perduli. Kalau satwa berkurang dengan cara-cara tidak benar itu juga memprihatinkan, kami perduli itu,” terang Trimoelja D. Soerjadi.

Tidak hanya itu, sebagai satu diantara ikon tertua Kota Surabaya, Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah kebanggaan kota yang harus dilindungi dan dijaga keberadaannya. “Masyarakat internasional memantau keberadaan KBS. Kalau warga kota Surabaya tidak perduli kan aneh?” tambah Trimoelja.

Untuk itu, lanjut Trimoelja bertepatan dengan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa (HCPS), warga kota dan Arek-arek Suroboyo saatnya untuk perduli dan turut serta menjaga KBS serta berbagai satwa didalamnya. “Ini kewajiban bersama,” tegas Trimoelja D. Soerjadi pada suarasurabaya.net.

Sementara itu, bagi Amang Raga aktivis Jakarta Animal Aid Network (JAAN) Internasional, kepedulian pada satwa memang harus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, karena keberadaan satwa-satwa Indonesia cukup banyak dan wajib dilindungi.

“Kekayaan satwa Indonesia sangat luar biasa. Kalau itu tidak dipahami, sangat menyedihkan. Demikian juga dengan keberadaan satwa di KBS juga kewajiban kita semua menjaganya. Sebagai Arek Suroboyo, saya juga punya kewajiban untuk menjaga satwa-satwa itu,” terang Amank Raga.

Bersama Tjuk K Sukiadi, I Komang Warsa, Teguh Ardi Srianto, Trimoelja D. Soerjadi, Amank Raga yang memang aktivis sekaligus pemerhati satwa, Rabu (5/11/2014) sebagai Arek Suroboyo hadir di Mapolrestabes Surabaya bertepatan dengan HCPS 2014, menuntut penuntasan kasus pertukaran satwa di KBS.

Usai mendatangi Mapolrestabes Surabaya, elemen Arek-arek Suroboyo melanjutkan perjalanan dan kunjungannya dalam rangka memperingati Hari Cinta Pupsa dan Satwa (HCPS), menuju Balai Kota Surabaya bertemu Tri Rismaharini Walikota Surabaya.(tok/rst)

Teks foto:
-Anakan Orang Utan koleksi KBS.
Foto: Dok. suarausrabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs