Minggu, 5 Mei 2024

Perlunya Manajemen Bersinergi Promosikan Wisata Jatim

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan
Ilustrasi

Terkait tujuan wisata, Provinsi Jawa Timur memiliki potensi yang sangat besar dan punya beragam destinasi wisata menarik. Namun sayangnya, belum dikelola dengan baik dan kurang terekspose.

Eric Yosua, International Hospitality and Tourism Bussnines dari Universitas Ciputra pada Radio Suara Surabaya mengatakan, kebanyakan wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri hanya mengenal obyek wisata yang sudah lama dan besar seperti Gunung Bromo.

“Padahal destinasi tidak hanya itu, pantai saja banyak ragamnya di Jatim. Sebenarnya tujuan wisata banyak sekali di Jatim dan sudah dibangun dengan bagus. Hanya kurang terawat dan tidak memuaskan wisatawan. Faktor permasalahannya adalah pada manajemen dan pengelolaan,” jelasnya.

Untuk menarik minat banyak wisatawan harus ada managemen yang baik dan saling bersinergi antara beberapa pihak terkait. Diantaranya konektivitas dan komunikasi antara tour travel, obyek wisata, hotel-hotel, dan juga pemerintah.

“Semuanya itu tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Harus bekerja bersama-sama membuat paket wisata yang menarik baik akomodasi, trasnportasi dan lokasi wisata. Begitu juga dengan strategi promosi yang jitu seperti beriklan via internet,” paparnya.

Inilah yang harus jadi perhatian Pemprov Jatim untuk meningkatkan wisatawan katanya menambahkan.

Salah satu obyek wisata menarik di Jatim dan belum terekspose ialah Cemara Udang. Dimana di dunia hanya ada dua yakni di Tiongkok dan di Pantai Lombang Madura. Namun yang ada di Tanah Air, tidak terekspose dan seterkenal di negeri tirai bambu itu. (ain/ipg)

Teks Foto:
– Ilustrasi

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs