Jumat, 3 April 2020

Peta Daerah Rawan Longsor di Jatim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Selain banjir, musim penghujan kali ini juga rawan mengakibatkan beberapa daerah mengalami tanah longsor. Hasil pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menunjukkan, daerah potensial longsor umumnya berada di daerah pegunungan.

”Umumnya tanah longsor karena tanahnya masih gembur dan subur tapi beralih fungsi jadi permukiman,” kata Sudharmawan, Jumat (17/1/2014).

Beberapa daerah yang potensial longsor terbanyak adalah di Ponorogo dan Pacitan. Untuk Ponorogo diantaranya adalah Kecamatan Sambit, Sawoo, Ngebel, Ngrayun, Sampung, Soko, Slahung, Bungkal, Badegan, Mlarak, dan Pulung.

Sedangkan Kabupaten Pacitan, daerah longsor meliputi Kecamatan Nawangan, Bandar, Tegalombo, Ngadirejo, Tulakan, Arjosari, Kebonagung, Pacitan, Pringkuku, Punung, dan Donorejo.

Selain itu juga ada beberapa daerah lainnya seperti Magetan diantaranya Kecamatan Parang, Panekan, Poncol, Magetan, dan Plaosan.

Kabupaten Madiun yang rawan longsor diantaranya adalah Kecamatan Dagangan, Gemarang, dan Wungu. Sedangkan di wilayah Trenggalek ada Kecamatan Munjungan, Watulimo, Kampak, Dongko, Panggul, Pule, Karangan, Durenan, Tugu, dan bendungan.

Untuk Kabupaten Ngawi, daerah rawan longsor meliputi Widodaren, Pitu, Jogorogo, Paron dan Kedunggalar. Kabupaten Malang, daerah rawan longsor diantaranya adalah Poncokusumo, Kalipare, Jabung, Pujon, Batu, Pau, dan Sumbermanjing.

Sedangkan Kabupaten Lumajang, ada Klakah, Senduro, Randuagung, Pronojiwo, dan Tempursari. Kabupaten Probolinggo, ada Kecamatan Gading, Lumbang, Krucil, Sumber dan Sukapura.

Sementara Kabupaten Bondowoso ada Kecamatan Klabang, Maesan, Grujugan, Curah Dami dan Pakem. Kabupaten Jember, diantaranya adalah Kecamatan Tempurejo, Muljulsari, Rambipuji, Sukorambi, Arjasa, Jeblug, Panti, Bangsalsari, dan Tanggul.

Dan untuk Kabupaten Situbondo, beberapa daerah rawan longsor adalah Kecamatan Kendit, Bungatan, Banyuglugur, Jatibanteng, dan Sumbermalang. (fik/ipg)

Teks Foto:
– Ilustrasi

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Surabaya
Jumat, 3 April 2020
30o
Kurs