Senin, 20 Mei 2024

Polwan Sosialisasikan Bahaya ISIS

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) serta untuk mencegah perkembangannya di Surabaya, Polisi Wanita (Polwan) Polrestabes Surabaya, Kamis (28/8/2014), melakukan sosialisasi di Tambakrejo, Simokerto, Surabaya.

Sosialisi tersebut bertujuan memberikan pemahaman tentang bahaya gerakan radikal tersebut, serta menyampaikan kepada masyarakat tentang peraturan gubernur (Pergub) nomor 51 tahun 2014, tentang pelarangan ISIS di Jawa Timur.

Kompol Suparti Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya mengatakan, sosialisasi yang dilakukan ini sebagai upaya mencegah gerakan radikal yang meresahkan masyarakat tersebut berkembang di Surabaya. Sekaligus sebagai rangkaian kegiatan perayaan HUT Polwan ke 66, yang jatuh pada 1 September 2014.

“Sosialisasi yang dilakukan ini, rangkaian kegiatan perayaan HUT Polwan ke 66,” kata Kompol Suparti kepada wartawan, Kamis (28/8/2014).

Dia menambahkan, Polwan Polrestabes Surabaya telah melakukan berbagai macam kegiatan dalam rangka menyambut HUT yang ke-66, namun dalam acara kali ini, pihaknya lebih mengedepankan pemberian materi tentang ISIS. Hal ini dikarenakan, fenomena ISIS sudah menyebar di seluruh Indonesia. Sehingga pihaknya berkewajiban mensosialisasikannya, agar masyarakat paham, bahwa ISIS tidak diterima di Indonesia.

“Di Surabaya sendiri, beberapa waktu lalu sudah ada yang diamankan oleh Densus 88 Anti Teror Mabes Polri, di daerah Sidotopo Sekolahan. Apalagi Pemprov Jatim sudah mengeluarkan Pergub nomor 51 tahun 2014, tentang pelarangan ISIS di Jawa Timur,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, di dalam pergub tersebut terdapat beberapa penjelasan dan peringatan, seperti pada pasal 1 yang menerangkan, bahwa ISIS dilarang di Jatim, karena memicu atau terganggunya Kamtibmas di Jatim. Selain itu, pada pasal 2 diterangkan, dengan larangan tersebut, wajib bagi daerah untuk melakukan sosialisasi, pembinaan, dan pengawasan di daerahnya masing-masing, terhadap keberadaan atau gerakan ISIS. (wak/ipg)

Teks Foto:
– Polwan Polrestabes Surabaya saat mensosialisasikan bahaya ISIS di Kelurahan Tambakrejo, Surabaya.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs