Selasa, 21 Mei 2024

Presiden Palestina Serukan Gaza Jadi Daerah Bencana Kemanusiaan

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Foto : AFP

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyatakan Jalur Gaza sebagai daerah bencana kemanusiaan. Dia mendesak Perserikatan Bangsa Bangsa untuk segera menanggapi krisis yang disebabkan serangan Israel di Jalur Gaza.

Dia juga mengirim pesan kepada Ban Ki-Moon Sekretaris Jenderal PBB agar mengadopsi langkah-langkah yang diperlukan untuk menyatakan Jalur Gaza sebagai daerah bencana dan mendesak masyarakat internasional memikul tanggung jawab dalam hal ini.

“PBB dan badan-badan afiliasinya harus memenuhi kebutuhan mendesak rakyat kita di Gaza dan menyediakan mereka dengan bantuan pemulihan,” kata laporan Radio Palestina, mengutip pesan tersebut.

“Agresi brutal Israel di Gaza mengakibatkan keadaan darurat kemanusiaan dan penderitaan bagi orang tak terhitung banyaknya. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk menyatakan wilayah itu sebagai daerah bencana kemanusiaan dan saya meminta Anda untuk memikul tanggung jawab Anda dalam hal ini sesuai dengan ketentuan Piagam PBB, khususnya Pasal 99,” tulis Abbas dalam pesannya seperti ditulis Antara.

Dia menyeru kepada Ban untuk menggunakan segala cara untuk memberikan bantuan mendesak dan perlindungan bagi rakyat Palestina di Jalur Gaza yang terkepung.

Dia juga meminta pembangunan tempat berlindung yang aman bagi warga sipil di Gaza, upaya memberi mereka makanan, air dan obat-obatan. (ant/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
29o
Kurs