Jumat, 3 Mei 2024

Ragam Bekal Makanan dari 4 Negara di Dunia

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Membawa bekal makanan ke sekolah dianggap sebagai salah satu solusi mencegah anak-anak jajan sembarangan. Cara ini dilakukan beberapa orang tua yang merasa khawatir dengan jajanan yang dijual di sekolahan. Dimana belakangan ini diketahui tidak sehat, bahkan ada yang mengandung zat berbahaya.

Disisi lain, anak juga ada yang merasa enggan membawa bekal atau kurang tertarik karena tergoda dengan jajanan yang terlihat lebih lezat.

Terkait melindungi anak-anak dari makanan yang kurang sehat dan berbahaya ini, beberapa sekolah menerapkan kibijakan untuk membawa bekal sendiri. Sedangkan orang tua mulai kreatif dengan membuat bekal yang menarik bagi si anak.

Sementara itu, di berbagai negara belahan dunia ternyata masyarakatnya juga membiasakan membawa bekal makanan sendiri saat beraktivitas di luar rumah, yang dinilai jauh lebih sehat.

Lalu bagaimanakah menu-menu bekal makananan beberapa negara di dunia? Berikut uraiannya:

1. Jepang
Bekal makanan di Jepang biasa disebut juga dengan Bento. Umumnya di dalam bento, nasi adalah makanan pokok yang wajib ada. Sedangkan untuk variasinya biasanya lauk-pauknya adalah chicken atau beef katsu, salad, rumput laut, miso sup, spring roll, mie hingga buah-buahan.

Jepang merupakan negara yang membudayakan masyarakatnya membawa bento atau bekal makanan. Bahkan bekal ini bukan hanya berlaku untuk anak-anak, melainkan juga orang dewasa, selama ia beraktivitas di luar rumah.

Menu sehat dan kreatif ala jepang pun kadang menjadi panduan atau refrensi beberapa orang tua di Indonesia saat menyiapkan bekal anak.

2. Norwegia
Tak seperti kebanyakan negara di Eropa, sekolah-sekolah yang ada di Negara Norwegia tidak menyediakan makan siang, sehingga siswa harus membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

Untuk makanan pokoknya, Norwegia mirip dengan Prancis, yakni tepung. Diantaranya ialah menu sandwich yang didominasi roti rye berisi keju atau daging salami. Sementara pihak sekolah biasanya hanya menyediakan yoghurt, susu dan buah untuk melengkapi menu bekal siswanya.

3. Amerika
Meski banyak makanan fast food yang kurang sehat dari Amerika, ternyata masyarakatnya juga membiasakan membawa bekal makanan sehat.

Bahan dasar yang digunakan orang Amerika biasanya sayuran dan protein seperti salad, mashed potato, keju, dan jagung. Sementara itu, menu favorit yang biasanya tersaji ialah chiken nugget, sandwich dan hash browns.

4. Taiwan
Bian Dang, adalah sebutan bekal makan siang masyarakat Taiwan. Isinya biasanya nasi dengan dua sampai tiga lauk-pauk agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Menariknya, kotak tempat bekal makanan berbahan metal, sehingga bisa dihangatkan sebelum dimakan. Bahkan beberapa sekolah dan kantor menyediakan penghangat yang dipakai sebelum istirahat. (ain/ipg)

Teks Foto :
1. Bento dari Jepang
2. Sandwich roti rye dari Norwegia
3. Bekal makanan di Sekolah di Amerika
4. Bian Dang dari Taiwan
Foto: berbagai

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs