Rabu, 8 Mei 2024

Ratusan Warga Malang Diserang DBD

Laporan oleh Triono
Bagikan
Ilustrasi.

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang ratusan warga Kota Malang, Jawa Timur, bahkan satu diantaranya meninggal karena terlambat dibawa ke rumah sakit.

Dr Asih Tri Rachmi Nuswantari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Selasa (11/11/2014) mengatakan, korban yang meninggal pada Juni lalu adalah Viora (2), warga Kelurahan Merjosari karena terlambat dibawa ke rumah sakit.

“Angka penderita DBD yang tercatat di Dinkes selama Januari hingga November ini sebanyak 153 kasus dan khusus pada bulan ini sudah tiga orang yang dilaporkan terserang DBD, bahkan sampai sekarang satu orang di antaranya masih dirawat di rumah sakit,” ujarnya, seperti dilansir Antara.

Kasus DBD yang mencapai 153 pada tahun ini menurun jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 409 kasus dan dua di antaranya meninggal. Oleh karena itu, agar warga yang terserang DBD tersebut bisa diminimalisasi, masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungannya karena faktor terbesar penyebab DBD adalah lingkungan.

Menurut Asih, pada saat memasuki musim penghujan, biasanya wabah demam berdarah kembali menyerang masyarakat, sehingga harus ekstra waspada dan yang terpenting adalah menjaga kebersihan lingkungan.

“Jangan sampai ada genangan air dan bak kamar mandi pun jangan sampai luput dari perhatian kita untuk dibersihkan karena bak mandi juga menjadi salah satu tempat favorit bagi jentik nyamuk untuk berkembang biak,” tegasnya.

Gejala awal yang dialami penderita DBD rata-rata adalah mengalami panas tinggi yang disertai demam, bahkan suhu badan naik turun, bahkan kadang-kadang disertai kepala pening dan mual. Jika mengalami panas tinggi dan demam, harus segera diperiksakan ke dokter karena dikhawatirkan trombositnya sudah menurun.

“Jika ada warga atau kita mengalami gejala tersebut, segera periksa ke dokter, sebab kalau penanganannya terlambat bisa mengakibat kematian,” jelasnya.(ant/ono/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
31o
Kurs