Sabtu, 27 April 2024

Rayakan Momen Wow Tingkatkan Kepercayaan Diri si Kecil

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Bagi masyarakat Indonesia, konsep merayakan ‘momen wow’ atau momen tumbuh kembang belum terlalu populer. Berbeda halnya dengan merayakan hari ulang tahun yang umumnya diperingati dengan memberikan hadiah istimewa. Padahal, momen wow tersebut sangat penting diketahui dan dirayakan oleh orang tua.

Dr. Ahmad Suryawan, dokter spesialis tumbuh kembang anak RSUD Dr. Soetomo menjelaskan apabila orang tua tidak tahu atau tidak mengikuti momen wow balitanya, maka ia akan kehilangan untuk selamanya.

“Orang tua harus punya pola perilaku melekat pada balitanya, karena masa-masa ini sangat penting agar tidak kehilangan dirinya. Utamanya soal waktu. Agar tidak terjadi problem dalam pertumbuhannya secara fisik,” katanya dalam diskusi pentingnya merayakan momen wow di auditorium Unair, Surabaya.

Sementara itu, secara psikologi perayaan momen wow yang tepat pada si kecil berdampak besar pada masa depannya.

“Dengan merayakan momen wow si kecil maka akan meningkatkan kepercayaan dirinya hingga tumbuh dewasa, utamanya bersosialisasi di lingkungannya,” terang Rosdiana Setyaningrum, Psikolog yang juga mengisi diskusi yang digelar Frisian Flag Indonesia, Kamis (14/8/2014).

Menurut Rosdiana, secara emosi perayaan momen wow menciptakan penghayatan diri proaktif, kemampuan mengelola dan kontrol diri si kecil. Semua itu adalah modal utama untuk masuk ranah sosial dan bisa trampil di masa depan.

“Perayaannya tidak selalu harus berbentuk hadiah seperti perayaan ulang tahun. Hal paling mudah dan sangat dibutuhkan anak ialah apresiasi sebuah pujian dan pelukan. Cara tersebut memotivasi si kecil untuk mengoptimalkan kemampuannya,” paparnya.

Di sisi lain, dari hasil survey yang dilakukan Frisian Flag Indonesia pada lebih dari 1.000 ibu-ibu menunjukkan bahwa 98 persen ibu merayakan momen wow tanpa disadari.

“Ini positif, namun akan lebih baik jika orang tua menyadari dan merayakan momen wow. Manfaatnya sangat besar bagi si kecil dan orang tuanya,” jelas Rosdiana. (ain/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs