Kamis, 2 Mei 2024
Kesenian Kabupaten Sumenep

Rebut Juara Berbagai Kategori, Gagal Juara Umum

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Saat pementasan di TMII Jakarta. Foto: Disbudpar Jatim for suarasurabaya.net

Meski belum beruntung menjadi Juara Umum atau Kategori Terbaik, Kelompok Musik yang dikirim atas nama Provinsi Jawa Timur akhirnya berhasil meraih beberapa penghargaan dalam Parade Lagu Daerah tingkat nasional di Sasana Langen Budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Acara tahunan yang diselenggarakan oleh TMII kali ini diikuti oleh 23 provinsi, dengan masing-masing membawakan lagu daerahnya sendiri. Pada acara bertema: Gita Permata Nusantara, Provinsi Jawa Timur diwakili oleh grup musik dari Kabupaten Sumenep, Madura.

Kelompok musik dari Kabupaten Sumenep ini merupakan salah satu dari tiga grup terbaik dalam Festival Lagu Daerah Tingkat Jatim, yang diselenggarakan bulan Mei yang lalu.

Dengan komposisi lagu yang sama, Keraton Sumenep, tetapi ditambah perombakan personil dan mendapat bimbingan dari supervisi yang ditunjuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur.

Dewan Juri yang terdiri dari Dwiki Darmawan, Trie Utami, Bens Leo, Suryantoro (ISI Surakarta) dan Joko Suryanto (TMII) menetapkan 10 Penyaji Unggulan nonrangking, 5 Pencipta Lagu Unggulan, 5 Penata musik unggulan dan 5 Penyanyi Unggulan. Dari 4 kategori tersebut Jatim termasuk satu di antara yang berhasil meraihnya.

Kemudian dari masing-masing kategori tersebut ditetapkan 1 (satu) peserta yang dinyatakan terbaik. Untuk Penyaji Terbaik berhasil diraih oleh peserta dari Kalimatan Barat, Pencipta Lagu Terbaik direbut Provinsi Banten, Penata Musik Terbaik didapatkan provinsi Papua, sedangkan kategori Penyanyi Terbaik diraih oleh provinsi Bengkulu.

“Dari kesemua kategori ini, kemudian dinyatakan yang berhak mendapatkan gelar Juara Umum dan Piala Bergilir adalah provinsi Banten. Dengan demikian provinsi Banten berhak menerima Piala Bergilir yang diserahkan oleh Provinsi Maluku sebagai Juara Umum tahun lalu,” terang Henry Nurcahyo mewakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, pada suarasurabaya.net, Senin (8/12/2014).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs