Minggu, 5 April 2020

Rekayasa Lalu Lintas di Pandaan, Solusi Atasi Kemacetan

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan

Polres Kabupaten Pasuruan hari ini, Sabtu 5/4/2014) mencoba melakukan rekayasa lalu lintas di Pandaan sebagai solusi mengatasi kemacetan panjang yang kerap terjadi.

AKBP Ricky Purnama, Kapolres Kabupaten Pasuruan pada Radio Suara Surabaya mengatakan tindakan ini sebagai bentuk mengakomodir aspirasi masyarakat.

“Selama ini masyarakat yang berwisata ke Malang khususnya hari libur seperti Sabtu-Minggu waktunya tersendat dan terbuang di wilayah sekitar Pandaan,” jelasnya.

Dengan melakukan rekayasa satu arah di Pandaan diharapkan dapat mengurai kemacetan. Kendaraan dari Surabaya ke Malang bisa menggunakan empat lajur saat masuk Pandaan. Sedangkan kendaraan dari Malang ke Surabaya lewat by pass Pandaan.

Sementara itu, kendaraan dari Bangil yang biasanya lurus ke Pandaan, dibelokkan ke kiri depan RM Cianjur yang bisa digunakan empat lajur. Untuk yang ke Batu berputar di depan Taman Dayu.

Kemudian yang ke Prigen, bisa ambil satu lajur di by pass Pandaan paling kiri yang langsung menuju prigen.

Dari Hasil uji coba saat ini, Ricky menambahkan, terlihat sangat efektif. “Meski tersendat karena ada sudut elevasi tanjakan yang curam, masyarakat merasa nyaman,” katanya.

Untuk pantauan arus lalu lintas di kawasan Pandaan saat ini, Ricky mengatakan sudah lancar termasuk di pertigaan Taman Dayu dan depan RM Cianjur.

Terkait penerapan rekayasa lalu lintas sendiri akan dilakukan hingga pukul 20.00 WIB, khususnya di hari Sabtu-Minggu. (ssfm/ain/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Minggu, 5 April 2020
26o
Kurs