Senin, 13 Mei 2024

Ribuan Pengendara Padati Jalur Suramadu H-2 Lebaran

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Ribuan pengendara motor dan mobil, Sabtu (26/7/2014) sekitar pukul 16.00 mulai memadati jalur Tol Suramadu. Para pengendara ini merupakan warga Madura yang melakukan Toron (Mudik–red) ke kampung halaman untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

Pantauan suarasurabaya.net, pintu gerbang tol dibuka enam lajur untuk kendaraan roda dua dan untuk roda empat, hanya satu lajur. Meski jalur roda dua telah diperbanyak, kepadatan kendaraan yang hampir mencapai satu kilometer tetap tak terhindarkan.

Kepadatan kendaraan roda dua mulai normal sekitar pukul 17.00 WIB, namun justru kepadatan kembali terjadi di jalur kendaraan roda empat dikarenakan hanya ada satu pintu tol yang dipergunakan. Petugas Jasamarga dibantu dengan anggota Polda jatim beruapaya untuk mengurai kepadatan, dengan membuka satu pintu tol lagi untuk akses kendaraan roda empat.

Muhammad (30) satu diantara warga Madura yang ikut mengatre masuk pintu Tol Suramadu mengatakan, antrean panjang masuk pintu Tol sudah biasa terjadi menjelang hari raya idul fitri. Apalagi setiap orang pasti pulang kampung untuk merayakan hari raya bersama keluarga.

“Sudah biasa kalau menjelang lebaran seperti ini. Warga Madura ya mudik seperti warga di daerah-daerah lainnya,” kata Muhammad kepada suarasurabaya.net

Sementara itu, Suhariyono Kepala Gerbang Tol Suramadu mengatakan, pada H-7 lalu tercatat 26 ribu kendaraan yang melintas Tol Suramadu. Pada H-3 naik menjadi 42 ribu kendaraan. Total dari H-7 hingga H-3 jumlah kendaraan yang melintas sekitar 85 ribu roda empat dan 196 ribu roda dua.

“Jika dibanding tahun lalu peningkatan jumlah roda dua yang melintas sejak H-7 tidak signifikan. Hanya berkisar dua sampai tiga persen saja setiap hari. Sedangkan, untuk roda empat justru mengalami peningkatan cukup besar sejak H-7 yakni sekitar tujuh sampai 12 persen per hari,” kata Suhariyono. (wak)

Teks Foto:
– Ribuan kendaraan mengantre untuk masuk Tol Suramadu, Sabtu (26/7/2014).
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
26o
Kurs