Sabtu, 4 Mei 2024

Rincian Armada 26 Negara Untuk Temukan MH370

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan

Sebanyak 26 negara tergabung dalam misi pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370. Operasi yang disebut sebagai misi pencarian pesawat terbesar dalam sejarah ini, melibatkan wahana-wahana perang dan teknologi maju.

Seluruh armada yang ikut dalam pencarian dikoordinasi Badan SAR Malaysia. Tapi, sampai sekarang, keberadaan Pesawat MH370 yang hilang 8 Maret lalu, masih jadi misteri.

Berikut daftar armada yang dikerahkan negara-negara yang terlibat dalam misi pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370.

1. Malaysia
Mengerahkan 2 pesawat tempur diantaranya, Lockheed c-130 Hercules dari Angakatan Udara Malaysia dan beberapa Kapal Perang seperti, KD Katsuri, KD Lekiu, KD Selangor, KD Pahang, KD Terengganu dan KD Kelantan.

2. Australia
Kerahkan 3 pesawat tempur diantaranya, pesawat intai maritim P3 Orion dari Angkatan Udara Australia dan Kapal Perang HMAS Success.

3. Selandia Baru
Mengerahkan 1 unit pesawat tempur seperti, pesawat intai maritim P3 Orion dari Angkatan Udara Selandia Baru.

4. Amerika Serikat
Kerahkan 1 pesawat tempur, pesawat intai dan pengamatan P-8 Poseidon dari Angkatan Laut AS.

5. Republik Rakyat Tiongkok
Mengerahkan 2 Pesawat Tempur seperti pesawat multifungsi Ilyushin IL-76, 2 kapal pendarat amfibi, 1 perusak, 1 frigat, 1 kapal suplai, 1 kapal penyelamat dari AL Tiongkok, di samping 4 helikopter. Ditambah 4 kapal dari institusi lain Tiongkok, sebuah carrier, dan satu kapal pemecah es.

6. Indonesia
Kerahkan 3 pesawat tempur dan 8 unit kapal perang sipil dari TNI Angkatan Laut dan Basarnas.

7. Uni Emirat Arab
Mengerahkan 1 pesawat militer C-17 Globemaster III dan 1 Bombardier Dash-8.

8. Inggris
Kerahkan kapal perang HMS Echo dari Angkatan Laut Inggris.

9. Jepang
Mengerahkan 2 pesawat angkut C-130 Hercules dan 2 pesawat patroli P-3C Orion dari Pasukan Bela Diri Jepang.

10. Korea Selatan
Kerahkan 1 pesawat P-3 Orion dan 1 C-130 dari Angkatan Udara Korea Selatan.

11. India
Mengerahkan 1 P-8 Poseidon dan 1 C-130J Hercules khusus operasi elektro-optik dan sensor inframerah.

12. Filipina
Kerahkan 3 pesawat C-130 Hercules milik Angkatan Bersenjata Filipina dan 3 kapal perang, termasuk pasukan Angkatan Laut dan pesawat pengintai ke perairan Laut China Selatan. Namun pada 17 Maret Lalu, AFP menyatakan menghentikan sementara bantuan pencarian dan menunggu koordinasi lebih lanjut dari Malaysia.

13. Vietnam
Mengerahkan 11 pesawat dan 7 kapal untuk melakukan pencarian di sekitar perairan negara itu. Selain kapal SAR, Vietnam juga mengerahkan helikopter dan kapal peronda. Dan pencarian dihentikan sementara setelah Malaysia memutuskan mengakhiri pencarian di Laut China Selatan.

14. Thailand
Mengerahkan 3 kapal perangnya dan 1 pesawat untuk membantu pencarian.

15. Singapura
Mengirim pesawat Patroli Maritim Fokker-50 Angkatan Udara Republik Singapura dan bantuan berupa akses Information Fusion Center-nya, yang memiliki jaringan 13 angkatan laut dan 51 perusahaan pelayaran sipil di seluruh dunia.

16. Prancis
Sejauh ini menempatkan para ahli melakukan operasi pencarian di bawah air, seperti saat pencarian pesawat Air France Flight 447 pada 2009.

17. Myanmar
Mengerahkan 3 kapal Angkatan Laut (AL) Myanmar mulai lakukan operasi pencarian dan penyelamatan di perairan Myanmar.

18. Bangladesh
Mengirimkan 2 pesawat patroli dan dua kapal pengawal. Bangladesh berkoordinasi dengan Angkatan Laut Malaysia selama pencarian.

Sedangkan 8 negara lainnya yakni, Laos, Brunei, Pakistan, Rusia, Kyrgyzstan, Kazakhstan, Turkmenistan dan Uzbekistan sejauh ini mengirimkan bantuan berupa informasi dan siap memberikan bantuan apapun yang diperlukan Pemerintah Malaysia dalam mencari Pesawat MH370.

Selain itu, terkait fokus pencarian yang dilakukan di Samudera Hindia saat ini, ada Armada berupa 2 jet komersil ultra jarak jauh, 1 jet bombardier Global Expres dan 1 kapal niaga milik Norwegia Hoengh St. Petersburg yang turut membantu pencarian. (nia/tas)

Sumber :
– Berbagai

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs