Sabtu, 11 Mei 2024

SBY Dukung Jatim Lewat Teleconference Dengan Kapolda Jatim

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI melakukan teleconference dengan Irjen Pol Unggung Cahyono Kapolda Jawa Timur tentang dukungan untuk Jatim menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Dalam teleconference yang digelar langsung dari Taman Bungkul Surabaya ini, Kapolda Jawa Timur melaporkan jika Jawa Timur berada dalam kondisi aman dari sis lalu lintasnya. Ini meliputi wilayah Pantura, tengah maupun selatan serta tidak ada bencana alam apapun.

“Dalam penegakan hukum bidang lantas yakni pelanggaran marka jalan tidak terputus dan tidak boleh mandahului, batas kecepatan maksimal seperti bus antar kota yang mestinya 60km/jam saat melaju dalam kota,” kata dia.

Langkah-langkah pencegahan yang sudah dilakukan Polda Jawa Timur, kata Unggung, penggelaran kekuatan Polri di lokasi rawan kecelakaan dan kriminalitas dengan mendirikan 495 pos pantau di black spot rawan kriminalitas.

“Polda jatim juga bekerjasama dengan radio Suara Surabaya memberikan informasi pada masyarakat terkait informasi untuk keamanan dan ketertiban lalu lintas di jalan,” ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan yang sudah dilakukan yakni mapping daerah rawan atau black spot. Upaya yang dilakukan yakni terapi turjawali, pemasangan rambu, PU dan Bina Marga tentang geometri jalan dan melakukan evaluasi jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Kita juga melakukan pendekatan budaya lokal yakni dengan wayang kulit lalu lintas dan opera van police,” katanya.

Usai mendengarkan laporan dari Kapolda Jawa Timur, Susilo Bambang Yudhoyono mengimbau agar Jawa Timur tetap siaga pada adanya bencana alam. Ini mengingat berdasarkan prediksi dari BMKG cuaca di Indonesia masih belum kondusif.

“Mengenai bencana beberapa hari lalu saya sudah bicara dengan pakdhe Karwo soal Jatim bebas bencana. Tapi prediksi BMKG cuaca di Indonesia belum kondusif sehingga saya mengimbau Jatim tetap waspada bencana,” kata dia.

Presiden juga mengatakan agar Polda Jawa Timur tetap menjalankan program yang selama ini dilakukan.” Pengendara makin sadar hukum tidak perlu ditegakkan tapi jika sudah membahayakan orang lain maka harus ditegakkan. Selamat bertugas Jatim dan teruslah menjadi contoh,” katanya. (dwi)

Teks Foto:
– Teleconference SBY Presiden RI dengan Irjen Pol Unggung Cahyono Kapolda Jatim
Foto : Dwi suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
31o
Kurs