Sabtu, 4 Mei 2024

SSNetters Banyak Yang Menilai Try Out Kurang Efektif

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan

Try out atau pelatihan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional sudah dilakukan sekolah-sekolah di Surabaya sejak Januari 2014. Pantauan suarasurabaya.net, beberapa sekolah seperti SMA Ta’miriyah dan SMA Khadijahs udah melakukan try out menyambyt Ujian Nasional yang sedianya akan dilaksanakan April (SMA) dan Mei (SMP).

Menanggapi aktivitas try out jelang UN ini, SSNetters memiliki pandangan sendiri terhadap keberadaannya. Pandangan itu sebagian terangkum di forum #DISKUSI e100 yang diadakan siang, Rabu (5/3/2014).

Bagus Sayful, Luluk Mukaromah dan Irwan Setiono mengatakan try out harus tetap ada. Alasannya jelas untuk latihan dan pemanasan jelang UN. Luluk menulis “Dengan sering latihan kita semakin terbiasa mengerjakan soal. Lagipula untuk UN biasanya sdh ada patokan soal, jadi model pengerjaan sama hanya beda kasus. Sehingga dgn sering latihan, semakin mudah mengerjakan”.

Namun SSNetters juga banyak yang tidak setuju. Angga Ariyanto, Syahraz Maghribi dan Pramudita Ananta misalnya. Mereka berdua tidak setuju dengan keberadaan try out. “Jaman sekarang try out itu hanya formalitas. Waktu pengerjaan UN, banyak yang ngasi contekan kadang juga kerjasam,” tulis Angga dan Syahraz.

Pramudita malah memberikan kritik agar try out tidak hanya diberi tau hasilnya, tapi juga diberi tau pemecahan soalnya. “Harusnya gak hanya diberitahu hasil nilainya, karena murid tidak tahu bagaimana pemecahan dari soal tersebut. Akan lebih baik jika try out dilakukan pembahasan bersama pada minggu berikutnya,” tulisnya. Namun Pramudita mengatakan bahwa bimbel sangat membatu karena menjadi ajang tukar pikiran dengan teman lainnya.

Sedangkan Robbey Van Hansen dan Ananias Nggata mengatakan try out tidak efektif karena jika terlalu dekat dengan pelaksanaan UN. “Mungkin lebih efektif kalau diadakan tiap akhir bulan. Takutnya siswa keenakan dan nunggu try out aja. Padahal untuk membentuk kecerdasan tidak butuh instan”,tulis Ananias.

Sementara itu Dwi Sunu Pakar Pendidikan Sekolah Citra Berkat, Surabaya saat dihubungi Radio Suara Surabaya mengatakan, try out tidak bisa dijadikan satu-satunya alat ukur kesiapan siswa untuk menghadapi Ujian Nasional. Ada beberapa hal yang tidak bisa di explore dari try out, seperti sikap positif pada ujian nasional atau sikap kemandirian siswa.

“Jangan sampai persiapan Ujian Nasional hanya terfokus pada try out. Karena akan berakibat terabaikannya aspek-aspek lain yang non Ujian Nasional,” katanya. (ham/wak)

Teks Foto:
Forum #Diskusi yang dilakukan e100

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs