Senin, 20 Mei 2024

Satu Rumah di Trenggalek Ambruk Akibat Gempa

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Satu unit bangunan rumah di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dilaporkan ambruk akibat gempa berskala 5,6 skala Richter (SR) yang terjadi, Senin (14/7/2014) sekitar pukul 12.05 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, gempa tektonik yang berpusat di kedalaman 10 kilometer pada titik ordinat 09.06 LS, 111.24 BT, dan berjarak sekitar 104 kilometer tenggara Kabupaten Pacitan, Jatim itu sempat membuat warga panik berhamburan keluar rumah.

Ratusan PNS yang bekerja di gedung Sekretariat Daerah (Setda) Trenggalek bahkan ikut berlarian menyelamatkan diri dari gedung dua lantai tempatnya bekerja.

Hal serupa dilakukan belasan anggota Badan Anggaran DPRD Trenggalek yang saat itu menggelar rapat pembahasan KUA-PPAS (Kebijakan Umum APBD Prioritas Plafon Anggaran Sementara).

Menguntip Antara, sejumlah anggota banggar yang masih di dalam gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) usai pembahasan KUA-PPAS sontak berlarian ke halaman karena gerakan gempa terasa semakin kuat hingga menimbulkan bunyi berdecit akibat gesekan kayu bangunan di bagian atap.

“Sejauh ini kami tidak menerima laporan kerusakan ataupun korban jiwa akibat gempa berskala 5,6 SR di lepas pantai (Kabupaten) Pacitan,” ucap Ahmad Budiharto, Kasi Kedaruratan.

Informasi kerusakan rumah akibat gempa diperoleh dari Ahmad Najib salah seorang relawan salah satu calon anggota DPRD RI di Kabupaten Trenggalek, menyampaikan, satu unit bangunan dapur berbentuk semipermanen milik Kakek Basuni (56) di Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, ambruk begitu goyangan gempa menguat. Beruntung Basuni, istri dan anggota keluarganya yang lain saat itu sedang tidak berada di bawah dapur, sehingga mereka lolos dari maut.

Selain di Trenggalek, gempa berkekuatan 5,6 SR yang mengguncang wilayah tenggara Pacitan, juga sempat membuat warga panik. Tak hanya di pemukiman, warga yang sedang bekerja pun berhamburan meninggalkan ruangan.

Didit Maryanto Kepala Pelaksana Harian BPBD Pacitan mengaku, belum mendapat informasi terkait dampak gempa. Pihaknya, masih mengumpulkan informasi dari jajaran di tingkat kecamatan.

Sementara itu, Notifikasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa berkekuatan 5,6 SR terjadi pada pukul 12.05 WIB berada 9.06 LS,111.24 BT, 104 km Tenggara Kabupaten Pacitan, Jatim dengan kedalaman 10 kilometer. (ant/art/ipg)

Teks Foto:
– Ilustrasi

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs