Sabtu, 23 Oktober 2021

Satuan Elit Sabhara Polrestabes Unjuk Kemampuan

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Aksi pasukan elit Sabhara Polrestabes Surabaya di halaman Mapolrestabes Surabaya. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Setelah digembleng dengan latihan berat selama beberapa bulan, Satuan Sabhara (Satsabhara) Polrestabes Surabaya unjuk gigi, dengan sembilan kemampuan yang dimilikinya.

Pertunjukan sembilan kemampuan Satsabhara tersebut digelar di halaman depan Mapolrestabes Surabaya, Jumat (7/11/2014). Sembilan kemampuan yang diperagakan yaitu kemampuan komunikasi, negosiasi, koordinasi lintas instansi, pengamanan status quo TPTKP, melakukan TPTKP, penegakan hukum perkara tipiring, tindakan kepolisian represif terbatas, pengamanan terbuka terhadap satuan fungsi lain, dan pelacakan satwa K-9.

Peragaan dimulai saat personel Sabhara yang berpatroli mengamankan tawuran warga yang disebabkan oleh miras. Personel juga melakukan pengaman terhadap penjual miras. Peragaan selanjutnya adalah bagaimana satuan Sabhara K-9 mengamankan pelaku narkoba saat melarikan diri ketika terjaring razia.

Selanjutnya, satuan Sabhara yang berkoordinasi dengan Brimob dan satuan Reskrim untuk melakukan penjinakan bom dan menangkap pelaku pencurian dengan kekerasan (curas). Sambil melakukan sterilisasi area, seorang personel jibom dengan mengenakan Explosive Ordonance Disposal (EOD) suit langsung melakukan evakuasi terhadap benda yang diduga bom.

Benda itu langsung diletakkan di disposal mobil di bagian belakang. Belum jauh mobil bergerak, benda tersebut meledak dan mengagetkan yang hadir.

Kombes Pol Setija Junianta Kapolrestabes Surabaya mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Dir Sabhara Polda Jatim dan Kasat Sabhara yang telah melatih anggota, sehingga dapat terbentuk pasukan elit yang mana kedepannya diharapkan dapat melakukan tugas dengan baik.

“Sabhara memang dituntut profesional di lapangan. Peragaan dan simulasi ini menunjukkan bahwa kualitas itu ada. Kami tak ragu lagi bahwa satuan ini bisa kami andalkan untuk pengamanan Natal dan tahun baru nanti,” kata Kombes Pol Setija Junianta kepada wartawan, Jumat (7/11/2014).

Sementara itu, Kombes Pol Imam Sayuti Dir Sabhara Polda Jatim juga mengapresiasi kemampuan Satuan Sabhara Polrestabes Surabaya. “Sangat bagus. Satuan ini sangat siap untuk memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat,” kata dia.

Sebagai bentuk apresiasi, Dir Sabhara mewakili Polda Jatim memberikan bantuan berupa 10 motor 250 cc agar kinerja satuan sabhara lebih giat lagi. “Dengan tambahan sarana itu, kami berharap satuan ini bisa memberikan pelayanan yang lebih kepada masyarakat,” kata Imam.

Di tempat yang sama, AKBP Repli Handoko Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya mengatakan, bahwa jumlah personel satuan sabhara di Polrestabes Surabaya adalah 315 personel. Jika ditambah dengan jumlah personel Sabhara di polsek, maka jumlah itu menjadi 600 pesonel.

“Tetapi jumlah itu masih kurang, setidaknya harus ada 1.000 personel untuk mengamankan Kota Surabaya ini yang perkembangannya terus pesat,” kata Repli. (wak/ipg)

Teks Foto:
– Aksi pasukan elit Sabhara Polrestabes Surabaya saat menunjukkan aksinya di halaman depan Mapolrestabes Surabaya.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Sabtu, 23 Oktober 2021
28o
Kurs