Minggu, 5 Mei 2024

Sejarah Katedral Surabaya

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Tahukah Anda, Katedral ternyata berasal dari kata latin Cathedra yang berarti tempat duduk atau kursi. Kata ini selanjutnya digunakan untuk sebutan kursi atau tahta uskup yang terdapat di dalam Katedral itu sendiri.

Dalam rilis yang dikirimkan Katedral Surabaya, makna Katedral atau kursi diartikan sebagai sebuah lambang dari sosok guru. Katedral juga sebagai lambang dari kepemimpinan resmi dari seorang uskup.

Kursi sebagai makna dari Katedral sendiri biasanya ditempatkan secara khusus di dalam gedung Gereja Utama keuskupan dan dikhususkan bagi kepala keuskupan.

Keuskupan Surabaya sendiri secara resmi berdiri pada 3 Januari 1961 dengan posisi uskup dijabat Msgr Yohanes Klooster, CM. Sementara uskup Surabaya saat ini adalah Msgr Vincentius Sutikno Wisaksono.

Sementara itu, di Surabaya, Gereja Katolik pertama didirikan pada tanggal 12 Maret 1822 di kawasan Kepanjen. Seiring bertambahnya umat, Gereja kedua yang bernama Gereja Hati Kudus Yesus lantas didirikan pada tanggal 21 Juli 1921.

Gereja Hati Kudus Yesus sendiri dibangun dengan arsitek khas dengan denah berbentuk persegi panjang dengan panti imam model kulit telur dengan bentuk lengkungan di bagian kiri dan kanannya. Gereja ini pernah mengalami perbaikan pada tahun 1926. (fik/ipg)

Teks Foto :
– Berdoa di dalam Katedral Surabaya.
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs