Senin, 20 Mei 2024

Sekelompok Orang Bubarkan Diskusi Tan Malaka di Surabaya

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Diskusi buku tentang tokoh kiri, Tan Malaka di Surabaya dibatalkan tanpa alasan yang jelas. Sedianya, diskusi digelar Jumat (7/2/2014) pukul 18.00-21.00 WIB.

“Tapi siang tadi polisi datang dan minta diskusi ditinjau ulang karena ada kelompok yang mengancam akan menyerang lokasi diskusi,” kata Andi Irfan, Koordinator Kontras Surabaya.

Diskusi sendiri rencananya digelar di Perpustakaan C20 yang berada di Jl Dr.Cipto 20, Surabaya. Diskusi akan membahas buku terbaru karya Harry A Poeze berjudul Tan Malaka, Gerakan Kiri, dan Revolusi Indonesia (Jilid 4). Harry sendiri sedianya akan datang ke lokasi diskusi.

Menurut Andi Irfan, karena polisi tak bisa memberikan jaminan keamanan, panitia terpaksa urung menggelar diskusi. Bahkan sejak siang hari, panitia juga telah menempel poster di perpustakaan C20 berisi diskusi dibatalkan.

Meski begitu, pada sore menjelang magrib, kata Andi, sekelompok orang berpakaian putih mendatangi lokasi perpustakaan C20. “Mereka ini kemungkinan akan menggagalkan diskusi. Padahal urung digelar,” kata Andi.

Sekadar diketahui, diskusi yang sama pada Jumat pagi sebenarnya sempat digelar di Universitas Airlangga, tapi diskusi pada siang berjalan lancar. (fik/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
26o
Kurs