Senin, 17 Juni 2024

Sekjen PBB Desak Hentikan Diskriminasi Terhadap Pekerja Ebola

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan

Ban Ki-moon Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), mendesak negara-negara yang terkena virus Ebola untuk menghindari diskriminasi terhadap pekerja kesehatan yang berjuang untuk mengakhir penyakit tersebut.

“Seharusnya tidak ada diskriminasi bagi mereka yang telah bekerja atau membantu mengatasi Ebola. Orang-orang yang memberikan semuanya atas kemauan sendiri,” kata Ban kepada para pejabat PBB di Conakry, seperti yang dilansir oleh Antara, Minggu (21/12/2014).

Komentarnya tersebut dinyatakan, mengikuti pertemuannya dengan Rebecca Johnson, seorang perawat Sierra Leone yang terkena virus, dan menceritakan bagaimana dia jatuh sakit parah, pulih dan sekarang kembali mengobati para pasien Ebola.

Ban mengatakan, ia tergerak oleh kisah Johnson bahwa dia masih menghadapi stigma sebagai orang yang sembuh dari penyakit tersebut.

UNMEER adalah misi jangka pendek dan Ban mengatakan ia berharap bahwa pekerjaan akan dilakukan dalam satu tahun sejak pembentukannya September lalu.

“Tujuan saya bukan untuk menjaga UNMEER lebih dari satu tahun. Jika itu tidak terjadi, orang akan menganggapnya sebagai sebuah kegagalan,” kata Ban.

Menurut angka terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada 7373 orang telah meninggal karena Ebola di tiga negara yang terkena dampak terburuk Liberia, Sierra Leone dan Guinea. (ant/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
28o
Kurs