Rabu, 15 Mei 2024

Selang Gas Amoniak Bocor, Satu Pingsan

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Petugas Pemadam Kebakaran Sidoarjo melakukan pembasahan pada tabung berisikan gas amoniak. Foto : Bruriy suarasurabaya.net.

Bau menyengat yang mengganggu warga Bluru Kidul, Sidoarjo, dipastikan berasal dari gas amoniak, yang berasalnya dari komplek pergudangan Safe N Lock Blok O 1739, Jalan Raya Lingkar Timur, Kamis (20/11/2014).

Subandi Komandan Pleton Pemadam Kebakaran Sidoarjo mengatakan, bau menyengat itu berasal dari tangki truk nopol G 1802 DC berisikan gas amoniak produksi PT Fajar Kimia Sejati. Saat itu tangki sedang melakukan pengisian gas ke tabung berukuran sekitar 50 kilogram.

“Diduga selang bocor waktu pengisian gas amoniak dari truk tangki ke tabung,” kata Subandi kepada suarasurabaya.net, Kamis (20/11/2014) malam.

Subandi menjelaskan, kebocoran gas amoniak tersebut menyebabkan satu orang pingsan dan harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo untuk mendapatkan penanganan medis.

“Saya tidak tahu siapa yang pingsan, informasinya sopir truk, yang saat itu melakukan pengisian,” ujar dia.

Agar bau gas amoniak tidak menganggu lingkungan sekitar, petugas pemadam kebakaran Sidoarjo terus melakukan pembasahan pada tabung dengan tiga unit mobil pemadam kebakaran.

Hingga berita ini disampaikan pihak perusahaan belum bisa memberikan keterangan resminya mengenai bocornya gas amoniak. Ketika melakukan pengisian gas amoniak dari truk dipindahkan ke tabung berurukan 50 kilogram itu.

Sementara itu Siswoyo Kepala Badan Lingkungan Hidup Kab Sidoarjo sejak tadi malam berada di lokasi, untuk memantau penanganan kebocoran gas, dia mengatakan pihaknya akan meminta pertanggungjawaban perusahaan dan memastikan proses pemindahan gas sesuai dengan prosedur atau tidak. (riy/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
29o
Kurs