Jumat, 19 April 2024

Selasa, Umat Hindu Sembahyang Ngembak Geni

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Ngembak Geni dijadwalkan bakal digelar umat Hindu pada Selasa (1/4/2014) besok, menutup seluruh rangkaian upacara persembahyangan Nyepi 2014 yang sudah digelar sejak beberapa minggu sebelumnya.

Ngembak Geni merupakan persembahyangan penutup seluruh rangkaian Nyepi mulai dari Melasti, Tawur Agung Kesanga hingga tapa Catur Berata Penyepian dan Selasa (1/4/2014) besok digelar sembahyang Ngembak Geni,” terang I Ketut Sedhana pemangku pura Agung Jagad Karana, Senin (31/3/2014).

Setelah umat Hindu menyampaikan upawasa selama tapa Catur Berata Penyepian, lanjut Ketut Sedhana, maka sebagai rasa syukur digelar sembahyang Ngembak Geni sekaligus menyambut datangnya tahun baru Caka 1936.

“Biasanya setelah sembahyang Ngembak Geni, para umat melakukan simakrama atau saling berkunjung kepada sesama umat Hindu untuk melakukan silaturahmi, saling bersapa dan berkunjung ke rumah masing-masing kerabat dan teman,” kata Ketut Sedhana pada suarasurabaya.net.

I Wayan Suraba ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Surabaya, membenarkan bahwa Selasa (1/4/2014) besok umat Hindu di Surabaya akan melakukan sembahyang Ngembak Geni.

“Umat Hindu setelah melaksanakan Tapa Catur Berata Penyepian akan menggelar sembahyang Ngembak Geni sebagai sembahyang pembuka tahun baru Caka 1936 dan setelah itu nanti akan kami persiapkan untuk acara simakrama yang lebih besar,” tukas Wayan Suraba pada suarasurabaya.net, Senin (31/3/2014).(tok/dwi)

Teks foto:
– Usai Nyepi umat Hindu lakukan sembahyang Ngembak Geni.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs