Selasa, 30 April 2024

Senam Imlek Warnai Perayaan Imlek di Sanggar Agung

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Senam Imlek mewarnai perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini, di Klenteng Sanggar Agung, Kenjeran, Surabaya.

Dalam perayaan imlek kali ini, umat Khonghu Chu diajak bersenam bersama Dahlan Iskan Menteri Negara BUMN yang rencananya akan memimpin langsung senam imlek, sekaligus mengenalkan senam Dahlan Iskan (DI).

Wahyuni Pengelola Klenteng Sanggar Agung mengatakan, tahun ini memang ada yang berbeda dalam perayaan imlek 2014, karena kalau tahun lalu hanya diisi sengan sembayangan dan makan bersama, untuk tahun ini, juga ada lomba karaoke dan senam imlek.

“Antusias umat cukup tinggi, karena mereka datang tidak sekedar sembahyang di klenteng, tapi ikut meramaikan lomba karaoke dan senam,” ujarnya, Jumat (31/1/2014).

Menurut Yuni sapaan akrab Wahyuni, untuk agenda makan bersama, pengelola Klenteng Sanggar Agung sudah menyiapkan beragam makanan, diantaranya mie goreng, yang akan disiapkan untuk umat dan warga umum yang berkunjung ke klenteng.

“Tradisi itu sudah dilekukan pengelola klenteng mulai tahun 1999 lalu, waktu pertama klenteng didirikan dan dioperasikan,” jelas Yuni.

Untuk umat Khonghu Chu yang melakukan sembayangan di Klenteng Sanggar Agung tidak hanya dari Surabaya, tapi mereka berdatangan dari beberapa kota lain di Jawa Timur, termasuk dari luar pulau.

“Ada banyak warga luar Surabaya sembahyang di sini, mereka rata-rata ada yang pulang kampung dan berkunjung ke saudaranya yang ada di Surabaya dan menggelar sembahyang di sini,” papar Yuni.

Peningkatan kunjungan ke Klenteng Sanggar Agung ini, juga bisa dilihat dari jumlah alat sembahyang, seperti lilin, dupa, dan kertas toakim (kertas bakar) yang dibeli umat Khonghu Chu untuk sembahyang. “Tahun ini meningkat 100 persen dibanding tahun lalu,” tutur Yuni. (tas)

Teks Foto :
– Umat Khonghu Chu waktu sembahyang di Klenteng Sanggar Agung, Kenjeran, Jumat (31/1/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
27o
Kurs