Selasa, 30 April 2024

Sereal Talas, Nikmat, Murah dan Enak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Sereal kini mulai digemari dan dipilih jadi satu di antara alternatif menu sarapan masyarakat Indonesia, sebagai pengganti asupan karbohidrat pokok bagi tubuh manusia yang biasa dipenuhi oleh Nasi.

Dipadu dengan Sirup, Yogurt, atau Susu, sajian Sereal banyak diminati anak-anak. Dan itu membuat Maria Olivia, Nisa Aramita dan Ivan Harianto tertarik berinovasi membuat Sereal jenis baru.

Menggunakan Talas, ketiga mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknologi Pangan (FTP) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) ini berinovasi membuat Sereal sekaligus menjuarai kompetisi National Food Technology Competition (NFTC).

Bahan dasar Talas, menurut Maria Olivia sangat mudah ditemui dan didapatkan. Talas menjadi satu di antara diversifikasi sumber karbohidrat lain yang digunakan sebagai pengganti dari Beras, Jagung, ataupun Gandum yang merupakan sumber Karbohidrat utama masyarakat Indonesia.

“Talas merupakan sumber karbohidrat yang mengandung banyak zat pati di dalamnya. Dan untuk mendapatkannya sangat mudah, oleh karena itu kami mencoba berinovasi dengan Talas untuk dijadikan flakes berbahan dasar talas,” kata Maria, Sabtu (17/5/2014).

Proses pembuatan flakes dari talas cukup sederhana. Mulai dari merendam talas dengan air garam selama satu hari supaya tidak menimbulkan rasa gatal saat dikonsumsi.

“Setelah direndam, talas ditiriskan dan dihancurkan hingga halus dan dicampur dengan bubur wortel,air, dan tapioka. Dari adonan itu lalu kita membentuk bulat-bulat kecil dan dipress dengan mesin hingga tipis. Untuk tahap terakhir adonan yang dibentuk tersebut di oven hingga crispy,” kata Ivan Harianto.

Kelebihan lain flakes dari Talas ini ialah tidak melalui proses penggorengan dengan minyak tetapi di oven sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi. Penambahan Wortel didalamnya selain untuk membuat warna flakes jadi lebih menarik, juga dapat memberi tambahan vitamin A, serat, serta kaya akan Antioksidan.

Meski tidak tanpa kendala saat proses pembuatan flakes Talas tersebut, tetapi dari proses keberhasilan itu, ketiga mahasiswa berharap flakes Talas karya mereka dapat diterima dan dijadikan masyarakat sebagai pilihan alternatif sarapan pagi.(tok/fik)

Teks foto:
-Proses pembuatan sereal Talas yang sederhana dan mudah.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs