Jumat, 19 April 2024

Siang Hari di Larantuka, Angin Kencang dan Arus Kuat

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Kondisi di Larantuka jika siang hari angin cenderung kencang dan arus kuat, ini didukung dengan kawasan Larantuka yang terdiri dari perbukitan.

Ari Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak pada Radio Suara Surabaya mengatakan, angin dari arah tenggara jadi kapal ini melawan arus dan menemui gelombang tinggi.

“Dari pantauan itu Selat Flores yang dekat dengan kawasan Larantuka. Arusnya memang cukup tinggi dari laut Sawu harusnya dari utara tapi ada dorongan arus besar maksimal 25cm/detik,” kata dia.

Kata Ari, seharusnya kalau tidak ada gangguan macam-macam ini cukup signifikan karena selat sempit dan terhalang pulau-pulau. Cuma ada dorongan dari utara dengan kecepatan arus maksimal 15cm/detik.

“Gelombang dari arah sebaliknya berlawanan dengan arus dan gelombang 0,8-1,3 meter. Sebetulnya gelombang signifikan bisa menjadi tinggi jika didukung topografi wilayah,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Perahu fiber nelayan pencari ikan yang disewa peziarah di Larantuka, NTT yang terbalik saat prosesi Jumat Agung, Jumat (18/4/2014) diduga akibat kelebihan muatan. Akibat kecelakaan laut ini dari data sementara ada empat anak-anak ditemukan telah meninggal dunia. (dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs